Gadget

Apa Itu eSIM yang Digunakan iPhone 14, Ini Penjelasan Lengkap dengan Cara Kerjanya

Apakah eSIM bisa menyimpan lebih dari satu nomor?

Agung Pratnyawan

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. (Apple)
iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. (Apple)

Hitekno.com - Apple meluncurkan iPhone 14 tanpa mendukung slot kartu SIM, melainkan menggunakan eSIM. Namun apa itu eSIM dan bagaimana cara kerjanya?

Peluncuran iPhone 14 ini juga digunakan Apple untuk mengenalkan kepada pengguna di Amerika Serikat (AS) atas penggunakan teknologi eSIM.

Dikutip dari Suara.com, iPhone baru ini nantinya tidak lagi memiliki slot kartu SIM seperti kebanyakan smartphone. Sebagai gantinya adalah eSIM.

Kamu juga harus mengunduh profil eSIM selama penyiapan. Lalu apa itu eSIM yang digunakan iPhone 14?

Apa Itu eSIM

SIM tertanam atau sering disebut eSIM, adalah chip yang dapat diprogram terpasang di smartphone, tablet, atau smartwatch kamu.

Tujuannya sama seperti SIM fisik, kecuali bahwa itu tidak tergantung pada operator dan dapat diprogram melalui perangkat lunak sebagai gantinya.

Dengan smartphone yang kompatibel dengan eSIM, penyedia switching lebih mudah, daripada memperoleh dan memasang kartu SIM fisik.

Dikutip dari laman Android Authority, Jumat (9/9/2022), kamu cukup mendapatkan file konfigurasi dan mengaktifkannya di perangkat.

Ilustrasi Kartu SIM. (Pixabay)
Ilustrasi Kartu SIM. (Pixabay)

Penyedia umumnya merujuk ini sebagai profil eSIM dan menawarkannya sebagai kode QR yang dapat dipindai untuk diunduh.

Perangkat dengan fungsi eSIM memiliki chip kecil yang disolder langsung ke papan sirkuit utama mereka.

Sebagai perbandingan, bahkan standar nano-SIM kecil terbaru dari 2012 memiliki jejak fisik yang cukup besar.

Apa manfaat dan kerugian menggunakan eSIM?

Secara teori, eSIM memungkinkan kamu menyimpan beberapa profil operator di smartphone dan beralih di antara mereka dengan cepat.

Itu berarti kamu dapat beralih di antara selusin rencana berbeda hanya dalam beberapa menit, yang bisa sangat berguna jika bepergian ke luar negeri dan membutuhkan kartu SIM lokal sementara.

Selain aspek kenyamanan, keberadaan eSIM juga bisa memicu perlombaan membuat perangkat lebih kecil dan lebih berfitur lengkap.

Bagaimanapun, banyak produsen mengutip ruang yang sama dan alasan kedap air untuk menyingkirkan jack headphone 3.5mm. Untungnya, ada sedikit kelemahan saat beralih dari fisik ke eSIM.

Satu -satunya downside ke eSIM adalah bahwa tidak semua operator mendukungnya, seperti yang akan kita bahas di bagian selanjutnya.

Untuk memperbaiki ini, pembuat smartphone biasanya masih menyertakan slot SIM fisik di samping dukungan eSIM.

Anda sering dapat menggabungkan keduanya untuk menggunakan dual-SIM berbeda secara bersamaan.

Ingatlah bahwa perangkat eSIM juga dapat dikunci ke jaringan operator tertentu, seperti halnya dengan SIM fisik.

Itulah penjelasan apa itu eSIM lengkap dengan bagiamana cara menggunakannya di smartpone, nantinya iPhone 14 juga memakai teknologi ini. (Suara.com/ Dythia Novianty)

Berita Terkait