Rabu, 04 Januari 2023 | 19:34 WIB

Smartphone Milikmu Kerap Ngelag? Ikuti 6 Langkah Ampuh Ini

Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi smartphone. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi smartphone. (Pixabay/Pexels)

Tech.hitekno.com - Tak selamanya ponsel akan selalu dalam performa terbaik, seiring jalannya waktu tentu sebuah smartphone bisa mengalami lag atau bahkan hang.

Hal ini bisa dipicu banyak hal, namun kebanyakan disebabkan karena penyimpanan mulai penuh.

Biar nggak bikin kesal, berikut adalah enam tips yang dapat Anda gunakan untuk menangani ponsel yang sering ngelag dan ngehang:

Baca Juga: Salfok Lihat Tandon Berkeliaran Saat Banjir, Netizen: Dia Lagi Cari Emaknya

  • Bersihkan cache dan data aplikasi: Anda dapat menggunakan pengaturan atau aplikasi pembersih sistem untuk menghapus cache dan data aplikasi yang tidak terpakai. Ini dapat membantu meningkatkan kinerja ponsel.
  • Hapus aplikasi tidak terpakai: Hapus aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan atau yang tidak lagi terpakai untuk membersihkan ruang penyimpanan dan memperbaiki kinerja ponsel.
  • Gunakan mode penghemat daya: Beberapa ponsel memiliki mode penghemat daya yang dapat membantu meningkatkan kinerja ponsel dengan mengatur ulang aplikasi yang tidak perlu saat ini dan membatasi akses ke sumber daya.
  • Perbarui sistem operasi: Pastikan ponsel Anda selalu diperbarui dengan versi terbaru dari sistem operasi yang tersedia. Pembaruan tersebut dapat menyediakan perbaikan kinerja dan keamanan.
  • Gunakan aplikasi pembersih data: Beberapa aplikasi pembersih data dapat membantu meningkatkan kinerja ponsel dengan mengidentifikasi dan memusnahkan file yang memakan banyak memori.
  • Gunakan perangkat lunak pemulihan: Jika masalah kinerja ponsel tidak dapat diatasi dengan cara lain, Anda dapat mencoba menggunakan perangkat lunak pemulihan untuk memperbaiki sistem operasi ponsel Anda. Namun, pastikan untuk mem-backup data Anda terlebih dahulu sebelum melakukan pemulihan alias reset.

Itulah enam tips yang bisa kamu lakukan saat ponselmu mengalami lag atau hang. Semoga berguna!

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami