Ilmuwan Temukan Katalis Generasi Baru, Bisa Bikin Kendaraan Makin Ramah Lingkungan

Teknologi ini tidak mengandung adiktif yang mencemari lingkungan.

Senin, 05 Desember 2022 | 20:46 WIB
Ilustrasi Mobil. (unsplash)

Hitekno.com - Para ilmuwan dari Southern Federal University (SFedU) telah menemukan metode untuk menghasilkan katalis untuk mesin yang ramah lingkungan.

Elektrokatalis adalah salah satu komponen utama sel bahan bakar suhu rendah (LTFC), yang banyak digunakan pada kendaraan "bersih" generasi berikutnya. Kualitas katalis terutama menentukan kinerja daya dan masa pakai LTFC, para ilmuwan menjelaskan.

Katalis adalah lapisan nanopartikel platinum atau logam lain yang disimpan pada dasar karbon.

Baca Juga: Erupsi Gunung Semeru Tumbangkan Jaringan Indosat dan Smartfren

Dilansir dari Sputnik News, efisiensi sel bahan bakar (fuel cell yang kerap dipakai pada kendaraan berbahan bakar hidrogen) dapat ditingkatkan dengan mengendalikan struktur mikro elektrokatalis selama produksinya, kata para spesialis.

Para ilmuwan telah menciptakan metode baru untuk mengendalikan struktur mikro katalis ini untuk LTFC.

Menurut mereka, teknologi mereka mengubah parameter katalis tergantung pada tugas-tugas perangkat akhir. Teknologi ini berbeda dari analog dalam kesederhanaan, skalabilitas, dan tidak adanya aditif yang mencemari lingkungan. Hasil penelitian mereka dipublikasikan dalam jurnal Catalysts.

Baca Juga: Elon Musk Gembar-gemborkan Twitter 2.0, Apa Itu?

"Semakin baik elektrokatalis, semakin cepat reaksi pembentuk arus dan semakin tinggi kekuatan perangkat akhir. Katalis kami mempercepat transformasi kimia dalam LTFC dan meningkatkan ketahanannya terhadap polutan yang terkandung dalam bahan bakar dan produk oksidasi metanol," Kirill Paperzh, seorang mahasiswa pascasarjana di Departemen Elektrokimia SFedU, menjelaskan.

Menurut para peneliti, produksi katalis baru dapat sepenuhnya bebas impor. Dalam hal ini, biaya bahan di Rusia akan jauh lebih rendah daripada rekan-rekan asing komersial, sementara karakteristik fungsionalnya akan jauh lebih tinggi dalam sejumlah parameter.

LTFC dengan katalis baru akan diperlukan untuk produksi mobil, kereta api, kapal, drone, pengisi daya portabel, dan sistem transportasi dan energi modern ramah lingkungan lainnya, kata para ahli.