Sains

Selain Segitiga Bermuda, 3 Segitiga Ini Juga Terkenal Berbahaya

Setidaknya, ada tiga segitiga lainnya yang dikenal sangat berbahaya.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi. (Unsplash/Jong Marshes)
Ilustrasi. (Unsplash/Jong Marshes)

Hitekno.com - Berbicara mengenai Segitiga Bermuda, yang terbesit adalah fenomena menyeramkan yang terjadi di laut. Hingga saat ini, para peneliti masih belum bisa memastikan apa itu sebenarnya Segitiga Bermuda. Namun, selain Segitiga Bermuda, ternyata ada segitiga-segitiga lainnya yang terkenal berbahaya, apa saja ya?

Segitiga Bermuda sendiri terkenal dengan berbagai kisah kapal dan pesawat yang hilang misterius di lokasi tersebut.

Pada dasarnya, Segitiga Bermuda merupakan sebuah perairan dengan luas dan berbentuk garis segitiga. Bermuda ada di titik bagian utara, Puerto Rico di titik bagian selatan, dan Miami sebagai titik di bagian barat.

Salah satu kisah misteri dari perairan Segitiga Bermuda adalah hilangnya lima pesawat Grumman TBF Avenger Angkatan Laut milik Amerika Serikat yang diketahui sedang melakukan patroli dan melintasi wilayah laut pada 5 Desember 1945.

Satu yang jarang disadari, ternyata Bumi tidak hanya punya satu Segitiga Bermuda. Setidaknya, ada tiga segitiga lainnya yang dikenal sangat berbahaya.

1. Segitiga Michigan

Ilustrasi laut. (pexels/Kellie Churchman)
Ilustrasi laut. (pexels/Kellie Churchman)

 

Tidak jauh berbeda dengan Segitiga Bermuda, Segitiga Michigan juga dikenal banyak menelan korban. Beberapa kasus bahkan mencoba mengaitkan Segitiga Michigan dengan kehadiran UFO.

Segitiga Michigan tercatat menelan korban pesawat Northwestern Airlines 2501. Walaupun sudah dijelaskan jika kecelakaan pesawat tersebut karena cuaca buruk dan kesalahan mekanis, banyak juga yang menduga jika kecelakaan tersebut karena hal mistis.

Letak Segitiga Michigan menghubungkan Benton Harbor, Ludington, dan Manitowoc. Banyak yang menyebut jika ada pesawat atau kapal yang melewati daerah ini, maka kompas dan sistem navigasi akan tidak berfungsi.

2. Segitiga Naga Jepang

Ilustrasi Lyonesse. (Unsplash/Jim Beaudoin)
Ilustrasi. (Unsplash/Jim Beaudoin)

 

Dari Jepang, ada Segitiga Naga Jepang yang sama misteriusnya dengan Segitiga Bermuda. Daerag ini membentuk garis segitiga yang menghubungkan Kepulauan Jepang, Taiwan, dan Kepulauan Bonin yang beradad i utara Laut Filipina.

Sama dengan Segitiga Bermuda lainnya, Segitiga Naga Jepang juga punya kisah menyeramkan dengan hilangnya kapal dan pesawat sejak era pasca berakhirnya Perang Dunia II pada 1955 silam.

Pada tahun tersebut, Jepang mengirimkan beberapa ahli untuk melakukan penelitian di daerah tersebut dengan kapal bernama Kawamaru. Sayangnya, keberadaan kapal beserta kru nya tidak diketahui, hilang tanpa jejak.

Orang-orang percaya jika kapal atau pesawat yang melintasi kawasan ini akan hilang secara misterius. Banyak juga yang menyebut jika Segitiga Naga Jepang tersebut ada untuk memenjarakan orang-orang jahat yang diawasi oleh seekor naga.

3. Segitiga Masalembo

Ilustrasi. (Unsplash/Lalo)
Ilustrasi. (Unsplash/Lalo)

 

Selain Segitiga Bermuda, Indonesia juga punya segitiga berbahaya lainnya, yaitu Segitiga Masalembo. Garis berbentuk segitiga ini terletak antara Pulau Bawean, Majene, dan Kepulauan Tengah.

Kisah mistis yang ada di Segitiga Masalembo adalah kecelakaan kapal KM Tampomas II pada 1981 lalu dan hilangnya pesawat Adam Air pada 2007.

Banyak yang berpendapat jika adanya pengaruh magnet Bumi yang kuat di daerah tersebut yang membuat pesawat dan kapal di Segitiga Masalembo menjadi hilang arah.

Pada dasarnya, menurut beberapa penelitian, deretan segitiga tersebut berbahaya karena adanya pertemuan dua arus dengan suhu panas dan dingin yang sangat ekstrem.

Itu tadi deretan segitiga lainnya selain Segitiga Bermuda yang begitu berbahaya dan masih menjadi misteri hingga sekarang.

Berita Terkait