Internet

Rayakan Hari Perempuan Sedunia, Ini yang Ditampilkan Google Doodle

Perayaan global Hari Perempuan Internasional dalam pencapaian sosial, ekonomi dan politik perempuan dan berfungsi untuk memperjuangkan hak-hak perempuan

Agung Pratnyawan

Google Doodle rayakan Hari Perempuan Sedunia. (Google)
Google Doodle rayakan Hari Perempuan Sedunia. (Google)

Hitekno.com - Google hari ini ikut merayakan Hari Perempuan Internasional. Seperti biasanya, dihadirkan Google Doodle dalam rangka memeriahkannya.

Hari ini Minggu (8/3/2020), Google Doodle merayakan Hari Perempuan Internasional dengan gambar khusus yang terinspirasi berbagai sejarah yang melibatkan perempuan.

Acara tahunan, yang jatuh pada 8 Maret adalah perayaan global pencapaian sosial, ekonomi dan politik perempuan dan berfungsi untuk memperjuangkan hak-hak perempuan, pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender.

Google merayakan dengan video animasi khusus yang dirancang untuk mewakili sejarah hari itu.

Animasi yang menampilkan kertas 3D berlapis-lapis, diilustrasikan oleh seniman bertempat tinggal di New York dan London, Julie Wilkinson dan Joyanne Horscroft dari Makerie Studio dan animasi oleh animator yang berbasis di Zurich Marion Willam & Daphne Abderhalden dari DRASTIK GmbH.

Google Doodle Hari Perempuan Internasional. [Google]
Google Doodle Hari Perempuan Internasional. [Google]

Lapisan tengah hitam-putih kertas 3D mencerminkan perempuan di seluruh dunia selama akhir 1800-an hingga 1930-an di tengah-tengah gerakan buruh, sementara lapisan kedua menggambarkan perempuan dari 1950 hingga 1980-an - era di belakang kesetaraan gender dan perubahan yang cepat ke status quo.

Akhirnya, lapisan luar melambangkan perempuan dari 1990-an hingga saat ini, dalam konteks kemajuan yang dibuat dari lebih dari 100 tahun gerakan hak-hak perempuan.

"Ini merupakan penghormatan untuk memecah hambatan dari peran budaya dan gender sebelumnya, karena perempuan terus mempertanyakan, merebut kembali, dan mendefinisikan kembali gagasan tentang peran yang diambil perempuan dalam masyarakat," kata Google sebagaimana dilansir laman Independent.

"Ketika para perempuan saat ini berdiri di atas bahu mereka yang telah berjuang dan membuat pengorbanan di generasi yang lalu, mereka juga membawa warisan gerakan ke depan. Ini untuk para wanita lintas sektor, industri, bangsa, usia, dan budaya, yang bertahan tanpa lelah untuk bertanggung jawab bersama — membuka jalan bagi generasi mendatang," tulis Google.

Berbicara tentang kolaborasi tersebut, tim di DRASTIK GmbH mengatakan bahwa mengerjakan Doodle mengingatkan mereka akan pengorbanan yang dilakukan perempuan sepanjang sejarah atas nama persamaan hak.

Google Doodle Hari Perempuan Internasional. [Google]
Google Doodle Hari Perempuan Internasional. [Google]

Itulah cara Google Doodle merayakan Hari Perempuan Internasional dengan menghadirkan animasi khusus. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait