Gadget

Tutorial Cara Membuat Kolom dan Baris pada Microsoft excel Tidak Bergerak

Mudah dan praktis, ini cara membuat kolom dan baris pada Microsoft excel.

Agung Pratnyawan

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Hitekno.com - Cara membuat kolom dan baris pada Microsoft Excel tidak bergerak bisa kamu lakukan dengan mudah menggunakan fitur bawaan dari program Microsoft Excel itu sendiri yang bernama Freeze Panes. Ikuti tutorial Microsoft Excel yang telah dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Fitur Freeze Panes bisa kamu temukan pada bagian atas tab menu View di jendela Microsoft Excel.

Jadi dengan menggunakan fitur Freeze Panes tersebut maka kolom dan baris pada dokumen Microsoft Excel kamu tidak akan bergerak saat digeser walaupun kamu melakukan scroll ke bawah atau ke samping.

Oleh karena itu fitur Freeze Panes ini biasanya digunakan untuk mengunci atau membuat kolom pertama ataupun baris pertama pada sebuah worksheet excel tidak bergerak.

Tampilan dokumen Excel yang sudah menggunakan fitur Freeze Panes akan ditandai dengan adanya garis tipis pada tempat di mana worksheet Excel tersebut dikunci.

Fitur Freeze Panes sendiri terdiri dari 3 pilihan opsi menu, yaitu opsi menu Freeze Panes yang bisa kamu gunakan untuk mengunci beberapa kolom dan baris yang kamu pilih (blok) pada suatu sheet.

Lalu opsi menu Freeze Top Row yang bisa kamu gunakan untuk mengunci baris pertama dari sheet yang sedang aktif, dan opsi menu Freeze First Column yang bisa kamu gunakan untuk mengunci kolom pertama dari sheet yang sedang aktif.

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Lalu untuk tutorial selengkapnya, kamu bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini apabila ingin mengetahui cara membuat kolom dan baris pada Microsoft Excel tidak bergerak:

  • Buka dokumen Microsoft Excel milik kamu
  • Apabila dokumen Microsoft Excel kamu telah terbuka, letakkan kursor pada cell yang ingin kamu jadikan sudut acuan gulir atau kolom dan baris yang ingin kamu kunci agar tidak bergerak
  • Lalu pada menu bar yang ada di bagian atas program Microsoft Excel tersebut, pilih tab menu View
  • Cari Grup Window yang berisi menu Freeze Panes dan klik
  • Maka akan muncul 3 pilihan opsi menu yaitu Freeze Panes, Freeze Top Row, dan Freeze First Column
  • Klik pada opsi menu Freeze Panes untuk membuat kolom dan baris pada Microsoft Excel tidak bergerak
  • Selesai! Setelah itu kolom dan baris yang kamu pilih sebelumnya tidak akan ikut bergerak walaupun kamu scroll ke kanan atau ke bawah

Itulah cara membuat kolom dan baris pada Microsoft Excel tidak bergerak yang akan memudahkan kamu melakukan pengolahan dokumen. Selamat mencoba tutorial Microsoft Excel di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait