Gadget

Cara Menulis Simbol Akar di Word, Mudah!

Mudah, ikuti saja cara menulis simbol akar di Word ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)
Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)

Hitekno.com - Berikut ini cara menulis simbol akar di word yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan praktis. Ada berbagai macam rumus matematika, kimia maupun fisika seperti pangkat, akar maupun berbagai macam simbol seperti akar, kurang lebih, derajat dan lain-lain.

Pada Microsoft Word sudah disediakan tool untuk membuat rumus matematika. Tidak seperti halnya menulis atau mengetik kata dan kalimat, saat mengerjakan rumus-rumus, sangat dibutuhkan ketelitian agar rumus yang diketik tidak salah dan bisa dipahami oleh pembaca.

Simbol akar (√) biasanya digunakan pada rumus matematika, Apakah kamu masih bingung ketika harus mengetik rumus ataupun simbol di Microsoft Word?

Tenang saja, jangan khawatir dengan mengikuti langkah – langkah dibawah ini kamu sudah tahu bagaimana cara menulis simbol akar di word dengan mudah :

  1. Buka program Microsoft Word pada komputer atau laptop kamu
  2. Klik kursor pada bagian yang ingin kamu tambahkan simbol akar
  3. Setelah itu klik menu Insert yang berada di bagian atas jendela Microsoft Word
  4. Kemudian klik Symbol
  5. Lalu klik tab More Symbols
  6. Klik menu drop-down “subset”
  7. Klik Mathematical Operators, setelah itu daftar simbol akan ditampilkan
  8. Klik pada simbol akar kuadrat ( √ )
  9. Lalu klik tab Insert
  10. Setelah itu simbol akar kuadrat ( √ ) akan otomatis dimasukkan ke dokumen kamu

 

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Selain menggunakan langkah - langkah diatas, kamu juga bisa mencoba cara menulis simbol akar di word dengan menggunakan menu equation editor. Dengan menu equation editor kamu bisa langsung mengetik rumus matematika dan fisika bahkan untuk rumus yang rumit sekalipun.

Cara menulis simbol akar di word menggunakan menu equation editor, langkah - langkah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Buka program Microsoft Word pada komputer atau laptop kamu
  2. Pastikan kamu sudah menyiapkan bahan untuk dijadikan rumus hitungan akar kuadrat
  3. Pilih posisi tempat simbol akar akan ditempatkan
  4. Kemudian klik tab menu Insert
  5. Lalu pilih item Insert Equation
  6. Selanjutnya untuk membuat bentuk akar, klik tombol Radical Opsi ini merupakan letak dimana semua jenis model akar berada. Kamu hanya perlu memilih salah satu template rumusnya yang paling sesuai dengan rumus akar kuadrat yang kamu butuhkan
  7. Klik pada salah satu template rumus, maka secara otomatis simbol akar tersebut akan disisipkan ke dalam dokumen Microsoft Word yang telah kamu buat
  8. Atur sesuai kebutuhan
  9. Isikan Angka. Untuk mengisikan angka kamu hanya perlu mengklik di setiap kotak bagian dan menggantinya dengan angka yang kamu inginkan.
  10. Selesai! Rumus telah selesai dibuat

Itulah berbagai macam cara menulis rumus di word yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan. Gimana sangat lengkap bukan? Sekarang kamu hanya perlu mengikuti langkah cara menulis simbol akar di Word di atas, dan memilih cara mana yang menurutmu paling mudah untuk digunakan. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait