Visa Digital Nomad: Bekerja Sambil Liburan Keliling Dunia

Bank digital permudah pemegang visa digital nomad untuk keliling dunia. Yuk, kenalan dengan visa digital nomad di sini!

Agung Pratnyawan
Rabu, 04 Oktober 2023 | 10:54 WIB
Ilustrasi Digital Nomad. (ist)

Ilustrasi Digital Nomad. (ist)

Hitekno.com - Ada begitu banyak kemudahan yang bisa kita jumpai di zaman digital seperti sekarang. Salah satunya adalah kemudahan transaksi dengan bank digital. Menariknya lagi, kemudahan ini ternyata membawa banyak kemudahan lain dalam hidup kita termasuk soal pekerjaan. 

Adanya kemudahan transaksi secara digital dan berbagai jenis kemajuan teknologi lainnya, kini sangat memungkinkan bagi kita untuk bekerja dari mana saja. Bahkan kamu bisa bekerja remote sambil liburan keliling dunia dengan menggunakan visa digital nomad

Apa Itu Visa Digital Nomad?

Baca Juga: 7 Situs Cari Kerja Remote Luar Negeri Biar Bisa Panen Dolar

Visa merupakan salah satu jenis syarat dokumen yang wajib dimiliki jika kamu ingin traveling ke luar negeri. Visa itu sendiri ada beragam jenis dan salah satunya adalah digital nomad. Mari cari tahu dulu apa sebenarnya visa digital nomad itu.

Ini merupakan jenis visa yang dimiliki oleh pelancong dengan status pekerja remote. Artinya pelancong tersebut melakukan perjalanan berpindah-pindah tempat ke berbagai jenis negara. Visa ini memungkinkan pemiliknya agar bisa tinggal sementara di sebuah negara sebagai pekerja remote. 

Jika kamu ingin bekerja secara remote dari mana saja dan berpindah-pindah negara, maka visa ini merupakan sebuah kewajiban. Sebagai pemegang visa digital nomad, kamu akan mendapat izin bekerja dan jalan-jalan di sebuah negara asing. Selain itu kamu juga tidak harus membayar pajak di negara tersebut. 

Baca Juga: Makin Marak Bank Digital, Peran Peran Tanda Tangan Elektronik Makin Penting

Manfaat Memiliki Visa Digital Nomad

Tentunya ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika berhasil memiliki visa digital nomad. Dikutip dari laman cermati.com, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan sebagai pemegang visa tersebut:

  • Bebas Tinggal di Sebuah Negara
    Visa ini akan membantu kamu untuk tinggal di sebuah negara tanpa melanggar peraturan apapun. Apalagi jenis visa ini memiliki masa berlaku yang cukup lama. Jadi kamu bisa menetap lumayan lama di sebuah negara secara legal. 
    Jika kamu ingin bekerja secara remote dan berpindah dari satu negara ke negara lain, maka visa ini akan sangat membantu. Kamu bisa menetap sampai batas waktu yang ditentukan lalu pindah ke negara yang lain. Semua berjalan legal karena sudah ada izin tertulis. 
  • Bisa Liburan sambil Bekerja
    Sebagai pemegang visa digital nomad, kamu juga bisa bebas liburan sambil bekerja. Pekerjaan remote yang kamu kerjakan bisa di-handle dari mana saja. Sembari bekerja kamu bisa mengisi waktu luang dengan jalan-jalan menjelajahi negara asing yang kamu singgahi. Pasti sangat menyenangkan jika kamu bisa bekerja sambil liburan di luar negeri. Tidak heran jika banyak orang 
    Bisa bekerja secara remote dan punya visa digital nomad. Ditambah lagi sekarang bertahan hidup di luar negeri semakin mudah karena transaksi bisa pakai aplikasi bank digital.  
    Menariknya lagi, konsep bekerja remote sambil liburan ini bisa meningkatkan produktivitas. Kamu bisa mendapat lebih banyak inspirasi dan motivasi. Jadi kalau memang kamu bisa bekerja remote dan punya jiwa petualang, langsung saja buat visa digital nomad. 
  • Tidak Harus Membayar Pajak
    Kepemilikan visa ini juga akan membantu kamu terbebas dari beban pajak penghasilan di negara asing. Jadi selama kamu bekerja secara remote di suatu negara, kamu tidak perlu membayar pajak. Hanya saja pemegang visa tetap harus membayar pajak di negara asalnya. 
    Hal ini tentu akan mempermudah kamu selama berpindah dari satu negara ke negara yang lain. Kamu bisa menghemat biaya selama tinggal di suatu negara. Selain itu kamu juga tidak perlu repot mengikuti aturan pajak di negara tersebut. 

Daftar Negara yang Mengizinkan

Perlu diketahui bahwa tidak semua negara di dunia ini memberlakukan atau mengizinkan visa digital nomad. Jadi kamu belum tentu bisa ke semua negara setelah memegang visa tersebut. Pastikan kamu mengunjungi negara yang memang sudah mengizinkan. 

Dilansir dari laman cermati.com, berikut ini beberapa negara yang sudah mengizinkan kepemilikan visa digital nomad, di antaranya Afrika Selatan, Andora, Angilla, Antigua, Argentina, Aruba, Bahama, Barbados, Belize, Bermuda, Cabo Verde, Kepulauan Cayman, Republik Ceko, Curacao, Republik Dominika, Dubai, Ekuador, Estonia, Georgia, Hungaria, Indonesia, Islandia, Italia, Jerman, Kolombia, Kosta Rika, Kroasia, Latvia, Malta, Makedonia Utara, Mauritius, Meksiko, Montenegro, Montserrat, Norwegia, Panama, Romania, Saint Lucia, Spanyol, Seychelles, Sri Lanka, Siprus, Taiwan dan Yunani. 

Daftar negara tersebut bisa jadi acuan bagi kamu yang ingin bekerja remote dari berbagai negara. Kamu bisa membuat list negara mana saja yang ingin dikunjungi selama sudah memegang visa digital nomad. Kunjungilah negara-negara yang berbeda dan beragam akan pengalamanmu semakin banyak. 

Cara Pembuatan Visa Digital Nomad

Proses pembuatan visa digital nomad ini sebenarnya hampir sama dengan visa lainnya. Hanya saja ada beberapa syarat yang mungkin berbeda. Pastikan kamu memahami cara pembuatannya dengan baik agar proses tersebut berjalan dengan lancar. 

Pertama-tama kamu bisa melakukan pengisian formulir. Formulir pengajuan visa digital nomad dapat kamu isi secara online. Selain itu kamu juga bisa mengisi formulir pengajuan tersebut langsung di kantor kedutaan atau konsulat negara yang akan kamu datangi. 

Selanjutnya kamu bisa membuat janji temu dengan pihak kedutaan atau konsulat negara tujuan. Pastikan kamu sudah melengkapi semua persyaratan dokumen yang diminta. Dokumen persyaratannya mulai dari akta lahir, paspor, bukti finansial, bukti asuransi kesehatan dan lain-lain. 

Informasi mengenai kelengkapan syarat dokumen bisa kamu lihat langsung di laman website kantor kedutaan maupun konsultan negara tujuan. Kamu juga bisa datang langsung ke lokasi kantor untuk menanyakan masalah tersebut. 

Silakan menyerahkan semua dokumen persyaratan dan formulir kemudian lengkapi pembayaran biaya pembuatan visa. Selanjutnya kamu bisa hadir wawancara di jadwal yang sudah ditentukan. Selebihnya tinggal menunggu sampai visa dikeluarkan dan bisa kamu pakai. 

Gunakan Pinjaman Bank Digital untuk Traveling sambil Bekerja

Selain mempersiapkan visa digital nomad, tentu kamu juga harus mempersiapkan hal lain. Salah satunya adalah modal agar bisa traveling sambil bekerja dari satu negara ke negara yang lain. Kamu bisa mengajukan pinjaman dana untuk kebutuhan digital nomad sambil traveling ke digibank by DBS yang punya keunggulan berikut:

  • Having Fun Jadi Lebih Maksimal. Mau ini-itu nggak pakai ragu. Ini cara cerdik yang bikin hidup kamu lebih all-out. Tersedia limit kredit ekstra, bayar fleksibel yang bisa dimanfaatkan untuk pembayaran tiket transportasi, staycation atau booking hotel saat liburan.
  • Masa Depan Jadi Lebih Aman. Tetap have fun nggak perlu nunda rencananya masa depan. Ini cara cerdikmu untuk mulai dengan mudah, salah satunya investasi mulai Rp100 ribu di 120+ pilihan untuk menyiapkan liburan impian.
  • Semua Aman dan Mudah dalam 1 Genggaman. Cerdik kelola keuangan tanpa ribet karena apply Kartu Kredit digital kapan pun #Approval60Detik

Setelah menggunakan layanan digibank by DBS, kamu juga bisa ikut program Maxi Booster. Di sini kamu hanya perlu registrasi, tingkatkan saldo tabungan dan perbanyak transaksi. Selain itu, akan ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, salah satunya seperti bunga tabungan 7% per tahun. 

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, download Aplikasi digibank by DBS di App Store atau Google Play sekarang juga, ya.

Berita Terkait
TERKINI

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB

Selain di Jakarta, Nobar Warga Grab tahun ini juga diadakan di Malang, Samarinda, Kediri, Gorontalo, Mataram, Pontianak,...

internet | 10:36 WIB

Dell APEX Cloud Platform for Red Hat OpenShift ini merupakan hasil kerja sama Dell dan Red Hat....

internet | 10:34 WIB

Garmin Run ini akan berlangsung pada 29 September 2024 mendatang di ICE BSD, Tangerang....

internet | 10:25 WIB

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB
Tampilkan lebih banyak