Solusi MediaTek untuk Menghadirkan Kecepatan Data 5G dan Efisiensi Daya

RedCap, kependekan dari reduced capability, didesain khusus untuk konektivitas 5G bagi perangkat konsumen, perusahaan, dan industri NR.

Agung Pratnyawan
Selasa, 21 November 2023 | 14:55 WIB
MediaTek M60. (MediaTek)

MediaTek M60. (MediaTek)

Hitekno.com - MediaTek mengenalkan teknologi baru sebagai solusi dalam menghadirkan jaringan 5G dengan kecepatan tinggi dan efisiensi daya. Yakni modem dan chipset yang mendukung jaringan 5G RedCap.

Solusi baru ini, IP modem M60 dan seri chipset MediaTek T300, akan memudahkan MediaTek memfasilitasi transisi ke 5G-NR untuk berbagai penerapan yang memerlukan masa pakai baterai tahan lama dan hemat, seperti perangkat yang dapat dikenakan (wearables), perangkat light-weight AR, modul IoT, dan perangkat yang dibangun dengan mempertimbangkan AI edge.

RedCap, kependekan dari reduced capability, didesain khusus untuk konektivitas 5G bagi perangkat konsumen, perusahaan, dan industri NR.

Baca Juga: Perluas Wi-Fi 7 secara Mainstream, MediaTek Hadirkan Filogic Generasi Kedua

Memanfaatkan kelebihan evolusi jaringan 5G ke arsitektur jaringan Standalone (SA), RedCap menjamin perangkat tetap andal meski dengan bandwidth rendah, juga menawarkan banyak manfaat 5G tanpa biaya dan kompleksitas solusi 5G seperti pada umumnya.

"Solusi RedCap MediaTek ialah bagian penting dari misi kami, ‘mendemokratisasikan 5G’, dengan memberikan pelanggan kemampuan mengoptimalkan komponen dan menghadirkan perangkat berkemampuan 5G dalam berbagai penerapan dan kisaran harga," kata JC Hsu, Corporate Senior Vice President di MediaTek.

"Migrasi ke 5G RedCap akan menggantikan solusi 4G/LTE lama, menawarkan hemat daya yang jauh lebih baik dan pengalaman pengguna yang lebih andal ketimbang dengan solusi modem eMMB 5G dan perangkat 4G LTE Cat 4 dan Cat 6 yang lama." lanjutnya.

Baca Juga: MediaTek Dimensity 9300 Terapkan Desain All Big Core, Dongkrak Kinerja dan Efisiensi

Sebagai single die solution (teknologi yang mengintegrasikan fungsi/komponen tertentu dalam satu paket/unit) Radio Frequency System-On-Chip (RFSOC) 6nm pertama di dunia untuk RedCap, seri MediaTek T300 membuat terobosan baru di bidang RedCap.

RFSOC ini akan memungkinkan produsen TI untuk memanfaatkan pasar RedCap yang sedang berkembang dan menciptakan desain inovatif untuk perusahaan, industri, konsumen, AR, dan aplikasi data card.

Dibangun dengan proses TSMC 6nm yang sangat efisien, seri MediaTek T300 mengintegrasikan Arm Cortex-A35 inti tunggal dalam area PCB yang jauh lebih ringkas. Seri MediaTek T300 mendukung kecepatan data downlink hingga 227 Mbps dan uplink 122 Mbps.

Baca Juga: MediaTek Dimensity 8200-Ultra Jadi Kunci Penting Xiaomi 13T Memiliki Pemrosesan Gambar Canggih

Baik seri T300 maupun IP modem M60 5G mendukung standar 3GPP R17 dan menggabungkan hemat daya MediaTek terdepan di industri dengan penguatan cakupan dan latensi yang sangat rendah.

Dengan memanfaatkan teknologi UltraSave 4.0 MediaTek dan mengurangi paging receptions yang tidak perlu, M60 menawarkan pengurangan konsumsi daya hingga 70 persen ketimbang solusi serupa pada eMBB 5G dan penghematan daya hingga 75 persen ketimbang 4G LTE.

Solusi RedCap MediaTek mendorong gelombang baru penghematan, keandalan, dan menekan biaya untuk perangkat berkemampuan 5G di seluruh sektor konsumen, perusahaan, dan industri.

Baca Juga: MediaTek Kembangkan Chip dengan Proses 3nm TSMC, Siap Produksi Massal 2024

Sampel perangkat seri MediaTek T300 diperkirakan hadir semester pertama 2024, sedangkan sampel komersial pada semester kedua 2024.

Berita Terkait
TERKINI

Di COMPUTEX 2024, Asus memperlihatkan keahliannya di bidang server, penyimpanan, dan arsitektur data center....

gadget | 09:34 WIB

Vivo X Fold3 Pro, smartphone lipat yang dinanti-nanti kehadirannya....

gadget | 10:41 WIB

Dell AI Factorydengan NVIDIA mengintegrasikan portofolio AI terdepan Dell denganplatformperangkat lunakNVIDIA AI Enterpr...

gadget | 10:28 WIB

Dukungan MediaTek untuk NVIDIA TAO akan menciptakan sebuah pengalaman mulus bagi para pengembang....

gadget | 10:09 WIB

Berikut ini jajaran monitor baru yang diluncurkan Samsung untuk 2024....

gadget | 10:31 WIB

Bergabung dengan Arm Total Design, MediaTek ingin mendorong pembentukan masa depan komputasi AI....

gadget | 10:21 WIB

MediaTek memamerkan deretan teknologi baru yang disiapkan untuk Chromebook dan smart TV di COMPUTEX 2024....

gadget | 10:24 WIB

Apa saya yang turun harga, cek daftar harga produk Xiaomi Indonesia untuk Juni 2024 ini....

gadget | 10:46 WIB

Cek seperti apa Realme GT 6 yang diklaim sebagai flagship killer ini....

gadget | 10:34 WIB

Vivo Y28 diklaim cocok dalam menunjang berbagai aktivitas mahasiswa dalam perkuliahan....

gadget | 10:12 WIB

Selama update Honkai Impact 3 v7.5, 10 pembukaan pertama Battlesuit Crate Lantern didiskon 50%....

gadget | 10:00 WIB

Melanjutkan kesuksesan HP Xiaomi Indonesia sebelumnya, kini Redmi 13 hadir dengan inovasi terbaru yaitu kamera beresolus...

gadget | 10:25 WIB

MediaTek Dimensity 7300 dan MediaTek Dimensity 7300X, dua chipset baru yang memberikan dorongan performa AI dan mobile g...

gadget | 10:15 WIB

Berbekal kesuksesan Realme GT Series sebelumnya, seri flagship killer dari Realme ini diklaim akan kembali menghadirkan ...

gadget | 10:40 WIB

Samsung menghadirkan Galaxy AI di perangkat smartwatch Galaxy Watch, meningkatkan fitur kesehatan yang dirasakan penggun...

gadget | 10:31 WIB

Samsung bersama RRQ menggelar program RRQ MABAR School Roadshow....

gadget | 10:08 WIB

HDD Portable WD My Passport,WD_BLACK P10 Game Drive, danSanDisk Professional G-DRIVE ArmorATD dari Western Digital kini ...

gadget | 10:33 WIB

Yakni kamera mirrorlessFujifilm X-T50 dan Fujifilm GFX100S II, juga lensa Fujinon XF16-50mmF2.8-4.8 R LM WR, dan Fujinon...

gadget | 09:51 WIB
Tampilkan lebih banyak