Gadget

Cara Mengubah Angka Romawi Menjadi Angka Numerik pada Excel, Ikuti Langkah Ini

Begini trik sederhana untuk mengubah angka romawi ke angka numerik.

Cesar Uji Tawakal

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Hitekno.com - Sudah jelas dari namanya, angka romawi merupakan salah satu sistem penomoran yang berasal dari romawi kuno, sistem penomoran ini menggunakan huruf latin seperti I, II, III, IV,V dan seterusnya untuk melambangkan angka numerik.

Angka romawi saat ini memang sudah sangat umum digunakan namun sayangnya dalam program Microsoft Excel angka romawi tidak terlalu sering digunakan dan angka yang lebih sering digunakan dalam program Microsoft Excel adalah angka numerik, oleh karena itu pada akhirnya banyak orang yang mencari cara mengubah angka romawi menjadi angka numerik dalam Excel.

Untuk mengubah angka romawi menjadi angka numerik dalam sebuah dokumen Excel yang paling mudah adalah dengan menginstall add-in tambahan yang bernama Kutools for Excel.

Kutools for Excel adalah add-in yang menyediakan lebih dari 300 fitur canggih untuk menyederhanakan berbagai jenis tugas rumit di Excel. Langkah-langkah mengubah angka romawi menjadi angka numerik dengan menggunakan add-in kutools for Excel dalam program Microsoft Excel yaitu :

  • Download dan install add-in kutools for Excel pada perangkat kamu
  • Apabila proses instalasi telah selesai, buka dokumen Excel yang ingin kamu ubah angka romawinya menjadi angka numerik
  • Lalu blok seluruh cell yang berisi angka romawi yang ingin kamu ubah menjadi angka numerik
  • Kemudian klik pada tab menu kutools for Excel yang ada di bagian atas layar
  • Selanjutnya klik pada menu content
  • Maka akan muncul beberapa pilihan opsi menu yang bisa kamu pilih, klik pada opsi menu convert between roman and number
  • Setelah itu akan muncul dialog box convert between roman and number, pada kolom operation klik pada pilihan roman to number dan kamu bisa melihat hasilnya pada kolom preview yang ada di sebelah kanan dialog box tersebut
  • Klik ok atau apply maka semua angka romawi akan secara otomatis diubah menjadi angka numerik

Namun apabila kamu tidak ingin repot-repot menginstall add-in tambahan pada perangkat kamu, maka cara mengubah angka romawi menjadi angka numerik dalam Excel yang cocok untuk kamu adalah dengan menggunakan rumus yang telah disediakan oleh program Microsoft Excel sendiri.

Ada beberapa rumus yang bisa kamu gunakan untuk mengubah angka romawi menjadi angka numerik yaitu rumus match, rumus index, rumus roman, rumus row dan rumus indirect. Kelima rumus tersebut harus kamu gabungkan menjadi satu dengan menerapkan langkah-langkah berikut ini :

  • Buka dokumen Excel yang ingin kamu ubah angka romawinya menjadi angka numerik
  • Lalu klik pada cell tempat kamu ingin meletakkan hasil angka numerik yang telah berhasil diubah
  • Selanjutnya masukkan rumus =match(a1,index(roman(row(indirect("1:4000"))),0),0)
  • Pada kolom a1 diisi dengan cell romawi yang ingin kamu ubah ke angka numerik, sedangkan kolom 1:4000 artinya rumus tersebut diterapkan untuk angka dari 1 hingga 3999
  • Setelah itu tekan tombol enter dan selesai! Untuk angka romawi pada cell berikutnya kamu tinggal copy paste saja rumus di atas ya

Itulah beberapa pilihan cara mengubah angka romawi menjadi angka numerik dalam Excel yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan praktis. Jadi dari kedua cara di atas, cara mana yang akan kamu gunakan untuk mengubah angka romawi menjadi angka numerik? Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait