Gadget

Tutorial Cara Membuat File RAR, Mudah dan Praktis

Mudah dan praktis, ini cara membuat file RAR.

Agung Pratnyawan

Ikon WinRAR. (WinRAR)
Ikon WinRAR. (WinRAR)

Hitekno.com - Cari tahu bagaimana cara membuat file RAR dengan mudah dan praktis? Ikuti tutorial kompres file dengan RAR yang telah dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Pasti kamu sudah tidak asing lagi kan dengan file dalam format RAR? Ya tentu saja itu karena format file kompresi RAR dikhususkan untuk pengguna Windows yang merupakan salah satu perangkat lunak paling populer digunakan.

Oleh karena itu tidak heran apabila sangat penting bagi kamu menguasai cara membuat file RAR untuk mempermudah kamu dalam mengarsipkan beberapa file agar kapasitas file tersebut menjadi lebih kecil.

File RAR sangat mudah untuk kita kenali karena pada bagian belakang nama file nya menggunakan ekstensi .rar.

namun sayangnya untuk membuat file berformat RAR maka kamu membutuhkan aplikasi yang memang menyediakan fitur untuk  menjalankan tugas tersebut, dan salah satu aplikasi khusus yang bisa kamu gunakan yaitu bernama WinRAR.

WinRAR adalah sebuah perangkat lunak shareware pengarsipan dan kompres file yang dibuat oleh Eugene Roshal untuk mengarsipkan berbagai macam file menjadi format RAR.

Aplikasi Winrar tersebut bisa langsung kamu install melalui situs resminya, jadi dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengkonversi file hingga 70% lebih hemat dari ukuran aslinya.

Lalu bagaimana sih cara membuat file RAR dengan menggunakan aplikasi WinRAR? Tenang saja, caranya mudah kok! Kamu tinggal ikuti saja langkah-langkah di bawah ini:

  • Download dan install aplikasi WinRAR pada perangkat kamu
  • Apabila proses instalasi aplikasi WinRAR telah berhasil, buka menu File Explorer pada perangkat kamu
  • Lalu pilih file yang ingin kamu buat menjadi file RAR
  • Jika sudah, klik kanan pada file tersebut dan pilih opsi menu Add to archive
  • Maka akan muncul popup menu Archive Name and Parameters
  • Pada bagian Archive format, klik RAR
  • Selanjutnya klik OK
  • Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai, setelah itu kamu akan melihat file yang sebelumnya telah kamu pilih berubah menjadi file RAR

Itulah cara membuat file RAR yang harus kamu ketahui agar bisa membuat ukuran file menjadi sekecil mungkin namun tidak merubah isi dari file tersebut.

Gimana cara membuat file RAR tersebut? Cukup mudah bukan? Selamat mencoba tutorial kompres file di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait