Gadget

Tutorial Cara Membuat Kop Surat di Word, Penting untuk Urusan Resmi

Tutorial Microsoft Word, bagaimana cara membuat kop surat di Word dengan rapi.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)
Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)

Hitekno.com - Penting, ketahui bagaimana cara membuat kop surat di Word yang rapi. Berikut ini tim HiTekno.com telah merangkum tutorial Microsoft Word untuk membuatnya.

Sebagai perangkat lunak pengolah kata andalan Microsoft, Word tentu menjadi pilihan banyak orang apabila ingin membuat dokumen dengan lebih mudah termasuk tidak terkecuali dalam pembuatan kop surat.

Cara membuat kop surat di Word ini bisa kamu lakukan untuk menyajikan tampilan tulisan dengan berbagai macam bentuk dan variasi agar surat yang kamu buat terlihat lebih rapi dan profesional.

Kop surat merupakan bagian surat paling atas sebelum tanggal surat yang berfungsi untuk menunjukkan keresmian sebuah surat. Kop surat terdiri dari nama instansi, alamat lengkap, nomor telepon, nomor kotak pos, dan logo identitas lembaga.

Oleh karena itu dengan adanya kop surat maka bisa memudahkan penerima surat untuk mengetahui nama dan alamat kantor instansi atau organisasi yang mengirim surat tersebut.

Microsoft Word. (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Jadi apakah kamu sudah tahu cara membuat kop surat di Word? Kalau belum maka kamu tinggal ikuti tutorial Microsoft Word berikut ini:

  1. Buka program Microsoft Word pada perangkat kamu
  2. Kemudian buat dokumen baru dan atur ukuran kertas maupun margin sesuai dengan kebutuhan kamu
  3. Klik kiri dua kali pada bagian atas lembar kerja, maka akan muncul line header pada dokumen tersebut
  4. Arahkan kursor ke toolbar Design yang ada pada bagian atas layar
  5. Dan beri tanda centang pada opsi menu Different First Page
  6. Gunakan align center untuk membuat posisi teks berada di tengah header
  7. Lalu masukan informasi yang dibutuhkan untuk membuat kop surat. Kamu bisa menyisipkan logo dengan cara klik toolbar Insert dan pilih Picture lalu kamu tinggal mengatur posisi logo tersebut
  8. Buat garis pembatas dengan klik tab Home dan pilih menu Borders and Shading lalu tentukan garis yang akan dipakai kemudian klik OK
  9. Selesai! Kop surat kamu sudah berhasil dibuat di Microsoft Word dan kop surat tersebut akan muncul di semua halaman pada setiap lembar dari dokumen itu. Jangan lupa klik Save untuk menyimpan file berisi kop surat tersebut

Itulah cara membuat kop surat di Word yang bisa kamu lakukan dengan praktis tanpa membutuhkan waktu yang lama untuk mengerjakannya. Gimana? surat yang kamu buat terlihat lebih rapi dan profesional bukan? Selamat mencoba tutorial Microsoft Word di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait