Gadget

Asus Vivobook S14 (M433), Salah Satu Pilihan Terbaik di Tahun 2021

Cari laptop dengan prosesor Ryzen? Cek Asus Vivobook S14 M433 ini.

Agung Pratnyawan

Asus Vivobook S14 M433. (Asus)
Asus Vivobook S14 M433. (Asus)

Hitekno.com - Apakah Anda sedang mencari Asus Vivobook saat ini? Maka artikel ini dikhususkan bagi Anda! Perlu Anda ketahui bahwa Asus baru saja meluncurkan seri VivoBook terbarunya dengan prosesor Ryzen, yaitu Asus Vivobook S14 (M433).

Laptop Asus VivoBook S14 (M433) berprosesor Ryzen 5 terbaru ini memiliki desain yang tipis dan ringan. Laptop baru ini lebih berkonsentrasi pada desain dan kinerja. Anda bisa menemukan laptop ini di e-commerce di Indonesia, salah satunya adalah di Blibli.com. Laptop yang satu ini dibanderol mulai dari harga Rp. 10.000.000.

Lalu, apakah tipe yang satu ini pantas untuk di beli? Jika iya, bagaimana review dan spesifikasi lengkapnya? Mari cari tahu di lebih lanjut dengan membaca review dan spesifikasi di bawah ini!

1. Asus VivoBook S14: Tampilan dan Desain

Asus VivoBook S14 tergolong laptop yang memiliki desain tipis dan ringan dengan bobot sekitar 1,4kg. Cangkang luar VivoBook terbuat dari plastik, yang menimbulkan tanda tanya pada daya tahan, tetapi memungkinkan laptop menjadi lebih ringan daripada laptop merk pesaing lainnya. Bahan bagian luarnya mendapatkan hasil akhir yang halus membantu laptop terasa sedikit premium.

Sedangkan untuk port, Asus VivoBook S14 memiliki dua port USB 2.0 dan pembaca kartu microSD di sisi kanan. Di sisi kiri laptop terdapat port input daya, port HDMI, port USB 3.2 Gen 1 Type-A dan port USB 3.2 Gen 1 Type C. Ada juga jack headphone 3.5mm di sisi kiri.

Lalu, untuk layarnya, Asus VivoBook S14 (M433) menampilkan panel layar IPS LCD LED-backlit Full-HD 14 inci. Layar yang dimilikinya hadir dengan teknologi nano-edge perusahaan karena laptop ini mampu menawarkan rasio layar sebesar 85%. Panel menawarkan banyak kecerahan bahkan untuk penggunaan di luar ruangan dan menawarkan sudut pandang yang layak. Namun, kualitas panel keseluruhan bisa sedikit lebih baik yang bertujuan untuk menawarkan pengalaman menonton film yang lebih baik lagi.

Asus Vivobook S14 M433. (Asus)
Asus Vivobook S14 M433. (Asus)

2. Asus VivoBook S14: Audio

Asus memamerkan speaker Harman Kardon pada VivoBook S14 versi terbaru. Mereka menawarkan kualitas suara yang layak. Dari beberapa reviewer mengatakan bahwa mereka menikmati ketika sedang menonton film serta mendengarkan lagu, terutama saat berada di ruangan yang tenang. Saat speaker mengarah ke bawah, hal ini akan menjaga laptop di permukaan yang tidak rata, seperti dii tempat tidur atau sofa yang mampu memblokir audio sepenuhnya.

3. VivoBook S14: Keyboard dan Trackpad

Ketika membahas tentang keyboard dan trackpad yang dimiliki Asus Vivobook S14, mereka berhasil menawarkan pengalaman keyboard dan trackpad yang hebat. Asus Vivobook S14 juga dilengkapi dengan keyboard taktil yang bagus. Keyboard juga memiliki lampu latar dengan tiga tingkat kecerahan sehingga lebih mudah untuk mengetik di lingkungan yang gelap.

Trackpad pada Asus VivoBook S14 terasa mulus. Perusahaan memanfaatkan driver Windows Precision yang membuat kontrol gerakan pada Windows 10 mulus. Juga, ada sensor sidik jari di trackpad, yang membuat login lebih mudah dan lebih cepat.

4. Asus VivoBook S14: Performa

Asus Vivobook S14 menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 5500U yang dipasangkan dengan Radeon Graphics. Laptop ini memiliki RAM 8GB dan SSD PCIe M.2 1TB. Kombinasi ini membuat pekerjaan yang Anda lakukan setiap hari seperti menjelajah/googling atau mengerjakan lembar excel terbilang cukup lancar.

Dikutip dari hasil beberapa reviewer, mereka membuka 7-8 tab di Google Chrome dengan Spotify, Microsoft Word, Microsoft Outlook, WhatsApp berjalan di latar belakang setiap saat. Bahkan dengan penggunaan seperti itu, mereka tidak melihat adanya lag. Wow, menarik bukan?

Selain itu, para reviewer bahkan mencoba memainkan game seperti Counter-Strike: Global Offensive, akan tetapi, game tersebut tidak berjalan dengan baik pada pengaturan tinggi. Namun, jangan khawatir dengan ini. Anda masih akan dapat menikmati dan memainkan beberapa beberapa game tersebut dengan pengaturan rendah atau sedang.

Asus Vivobook S14 M433. (Asus)
Asus Vivobook S14 M433. (Asus)

5. Asus VivoBook S14: Baterai

Lalu, bagaimana dengan daya tahan baterai yang dimiliki oleh Asus Vivobook S14? Asus VivoBook S14 menawarkan daya tahan baterai yang luar biasa. Dengan penggunaan secara normal, laptop tipis dan ringan ini mampu bertahan lebih dari 7-8 jam, hal ini bisa dibilang cukup mengesankan. Selain itu, saat dibutuhkan untuk mengisi daya, laptop ini mampu mengisi daya dari 0-60 persen dalam waktu kurang dari 50 menit. Bisa dibilang termasuk waktu yang cepat jika dibandingkan dengan beberapa pesaing lainnya.

Nah, dari ke 5 review dan spesifikasi singkat mengenai Asus Vivobook S14 di atas, apakah Anda tertarik untuk segera memilikinya? Singkatnya, Asus VivoBook S14 (M433) adalah pesaing yang layak jika Anda ingin membeli laptop baru dengan harga terjangkau untuk kegiatan pekerjaan Anda. Perlu Anda ketahui bahwa, tipe Vivobook yang satu ini menawarkan nilai bagus dan desain yang juga bagus. Namun, jika Anda ingin mengedit gambar atau memainkan banyak game, Anda perlu mencari Asus Vivobook tipe lain.

Berita Terkait