Gadget

Uji Performa Gaming Asus ROG Phone 5, Bisa Taklukkan Genshin Impact

Seberapa kuat Asus ROG Phone 5 untuk main game?

Agung Pratnyawan

Asus ROG Phone 5. (Asus)
Asus ROG Phone 5. (Asus)

Hitekno.com - Asus ROG Phone 5 hadir sebagai HP gaming terbaru yang menawarkan performa tinggi. Seperti apa ketangguhan smartphone baru yang resmi dihadirkan Asus ini?

HP gaming Asus ROG Phone 5 sendiri hadir dalam dua versi, yakni ROG Phone 5 reguler dan ROG Phone 5 Ultimate.

Hal yang membuat smartphone ini tangguh adalah chipset terkuat Qualcomm Snapdragon 888. Selain itu, Asus ROG Phone 5 juga memiliki mode gaming bernama X-mode untuk memaksimalkan performa saat bermain game.

Selama seminggu, Suara.com berkesempatan mencoba performa gaming Asus ROG Phone 5. Adapun varian yang dites adalah ROG Phone reguler dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Adapun game yang dites adalah empat judul populer di Indonesia, mulai dari Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB), PUBG Mobile, Free Fire, dan Genshin Impact. Uji coba ini dilakukan di suhu ruangan normal, yakni berkisar 25 derajat Celsius.

Uji coba performa lewat aplikasi benchmark populer, yakni AnTuTu  [screenshot Suara.com]
Uji coba performa lewat aplikasi benchmark populer, yakni AnTuTu [screenshot Suara.com]

Sebelum dites, kami melakukan uji coba performa lewat aplikasi benchmark populer, yakni AnTuTu dan Geekbench untuk mengetahui poin di atas kertas secara keseluruhan.

Hasilnya, ROG Phone 5 mendapatkan skor 1.117 single-core dan 2.590 multi-core di Geekbench 5.4.1. Sementara di aplikasi AnTuTu v8.3.4 mendapatkan skor 719.127.

Uji coba performa lewat aplikasi benchmark populer Geekbench  [screenshot Suara.com]
Uji coba performa lewat aplikasi benchmark populer Geekbench [screenshot Suara.com]

Berikut hasil pengetesan game Suara.com menggunakan ROG Phone 5 di beberapa game.

1. Mobile Legends

  • Suara.com mencoba memainkan game paling ringan dari tiga judul lainnya, Mobile Legends. Game ini kami mainkan selama kurang lebih dua jam.
  • Hasilnya, Mobile Legends bisa dimainkan dengan opsi grafis tertinggi, ultra. Opsi ini juga tidak berpengaruh secara performa, artinya ROG Phone bisa mendukung game tanpa kendala berarti.
  • Selama kurang lebih dua jam dimainkan, suhu ROG Phone juga masih normal, yakni sekitar 42-43 derajat Celsius. Adapun baterainya berkurang sekitar 20 persen.
Uji gaming Asus ROG Phone 5, memainkan Mobile Legends [screenshot Suara.com]
Uji gaming Asus ROG Phone 5, memainkan Mobile Legends [screenshot Suara.com]

2. Free Fire

  • Uji coba di game Garena Free Fire ini dilakukan selama kurang lebih dua jam. Hasilnya, smartphone mampu menjalankan opsi rata 'kanan' tanpa hambatan, mulai dari grafik yang ultra, resolusi high, hingga opsi on di FPS tinggi.
  • Selama dua jam memainkan Free Fire, baterai HP gaming ini berkurang hingga 29 persen. Adapun suhu baterai juga masih normal, yakni berkisar 43-45 persen.

3. PUBG Mobile

  • Sama halnya dengan Free Fire, game battle royale PUBG Mobile juga bisa dijalankan secara lancar dengan opsi 'rata kanan', mulai dari grafis Ultra HD hingga frame rate Extreme.
  • Namun pengaturan bisa otomatis berubah apabila baterai smartphone sudah habis ataupun suhu yang makin panas. Misal, dari yang tadinya Ultra HD bisa turun menjadi HDR saja.
  • PUBG Mobile perlahan sedikit menyiksa smartphone. Terbukti saat hanya dimainkan 1,5 jam, baterai ROG Phone cukup terkuras hingga 26 persen. Namun suhunya masih berkisar 45 derajat Celsius.
Uji gaming Asus ROG Phone 5, memainkan PUBG [screenshot Suara.com]
Uji gaming Asus ROG Phone 5, memainkan PUBG [screenshot Suara.com]

4. Genshin Impact

  • Genshin Impact merupakan game yang benar-benar membutuhkan performa tinggi dan cukup menguras daya tahan smartphone. Sebagai informasi, game ini memiliki update data setelah unduh dengan ukuran mencapai 8 GB. Sedangkan pembaruan update ke versi terbaru, game membutuhkan download data sekitar 3 GB.
  • Hal ini tidak terlalu mengherankan karena game RPG memang memiliki kualitas grafis memuaskan dan efek yang bisa dikatakan cukup banyak, mulai dari efek elemen serangan seperti air, api, angin, dan banyak lagi.
  • Akan tetapi, kami tetap mencoba apakah game bisa dimainkan dengan performa terbaik dan setting rata kanan. Hasilnya? Bisa.
  • Semua opsi bisa disetel ke resolusi tertinggi, mulai dari resolusi render, kualitas bayangan, SFX, grafik lanjutan, visual, motion blur, hingga bloom. Kemudian FPS juga bisa diatur ke 60.
  • Performa tinggi pun sejalan dengan terkurasnya daya tahan. Khusus Genshin Impact, kami memainkannya ketika tengah malam di luar ruangan dengan suhu sekitar 21-22 derajat Celsius.
  • Ada dua percobaan yang kami lakukan. Di hari pertama, Genshin Impact dimainkan selama 2,5 jam dengan opsi setting di atas. Hasilnya, baterai dari 99 persen turun drastis hingga 28 persen.
  • Di hari kedua, masih dengan pengaturan grafis tinggi dan suhu outdoor tengah malam, baterai smartphone terkuras hingga 39 persen hanya dalam waktu dua jam.
  • Tak hanya baterai, suhu smartphone juga tembus sekitar 53-54 derajat Celsius. Dengan suhu tersebut, terlebih kondisinya dimainkan tengah malam, sangat tidak disarankan bermain Genshin Impact dengan jangka waktu yang lama.
  • Sebenarnya bisa kualitas grafiknya diturunkan menjadi mode normal atau sedikit menurun dari tertinggi, namun itu tetap tidak terlalu berpengaruh karena apabila game makin lama dimainkan, baterai dan suhu juga tetap bisa panas dan bocor.
Uji gaming Asus ROG Phone 5, setting Geshin Impact  [screenshot Suara.com]
Uji gaming Asus ROG Phone 5, setting Genshin Impact [screenshot Suara.com]

Perlu dicatat, empat judul game di atas tidak dicoba dengan aksesori pendingin yang disediakan Asus. Jika mau memaksimalkan pengalaman gaming dengan jangka waktu lama, sangat disarankan untuk segera membeli aksesori pendingin agar tangan tidak terlalu panas.

Itulah hasil pengujian performa gaming Asus ROG Phone 5 untuk memainkan berbagai judul game. Berminat dengan HP gaming Asus ini? (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait