Kamis, 04 Mei 2023 | 14:27 WIB

Walau Masih Laris, iPhone Tak Lagi Jadi Idaman Kawula Muda, Ini Sebabnya

Cesar Uji Tawakal
iPhone 14 Pro Max. (Apple)
iPhone 14 Pro Max. (Apple)

Hitekno.com - Penjualan iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max mendominasi pasar ponsel terlaris di China pada 2022.

Namun, sebuah laporan terbaru mengklaim bahwa anak muda di China tidak lagi membeli iPhone. Sehingga, meskipun penjualan iPhone masih baik, pembeli muda China tidak memiliki minat yang besar terhadap produk tersebut.

Dilansir dari Gizchina, berdasarkan laporan keuangan Apple untuk kuartal pertama tahun fiskal 2023, pendapatan dari iPhone mencapai $65,775 miliar, mengalami penurunan 8% dari $71,628 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: Bocoran Skin MSC 2023 Mobile Legends, Tampilan Hero Tank Ini Makin Apik

Sedangkan, pendapatan bersih di Greater China mencapai $23,905 miliar, mengalami penurunan 7% dibandingkan dengan $25,783 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Luo Hao dari Sekolah Ekonomi dan Manajemen Universitas Nanchang mengatakan bahwa baik iPhone 14, iPhone 14 Pro, atau Max, dibandingkan dengan barang pesaing lain di pasaran, keunggulan kompetitif seperti teknologi sudah tidak lagi terlihat.

iPhone 14 vs iPhone 13. (HiTekno.com)
iPhone 14 vs iPhone 13. (HiTekno.com)

"Sebagai versi yang ditingkatkan dari iPhone 13, iPhone 14 tidak banyak maju, sehingga pengalaman dan sentimen konsumen tidak begitu baik."

Baca Juga: Lawan Gunakan Badang, Pick 3 Hero MM Ini Buat Counter Efektifnya di Mobile Legends

Berdasarkan analisis Luo Hao mengenai pola pengeluaran anak muda di Greater China, memang terdapat kasus di mana mereka tidak tertarik membeli iPhone.

Hal ini terkait dengan menurunnya keinginan anak muda untuk membeli ponsel Apple. Ia berpendapat bahwa salah satu faktor utamanya adalah pandangan anak muda saat ini, terutama yang lahir pada tahun 2000-an, yang berbeda dalam menghabiskan uang dibandingkan dengan generasi yang lahir pada tahun 1980-an dan 1990-an.

"Mereka lebih realistis, dan kami juga telah memperhatikan kebiasaan pembelian pasca-2000-an. Mereka lebih mempopulerkan beberapa merek lokal daripada orang yang lahir pada tahun 1960-an dan 1970-an yang menghormati perusahaan asing."

Baca Juga: Link Nonton Oshi No Ko Episode 4 Subtitle Indonesia, Pasti Aman

Menurut seorang mahasiswa, perangkat seluler lebih berkaitan dengan fitur media sosial dan menjelajahi aplikasi serta memprioritaskan kapasitas penyimpanan dan efisiensi biaya.

Menurutnya, tidak perlu mengeluarkan uang sebanyak itu karena harga ponsel Apple saat ini dapat digunakan untuk membeli beberapa merek ponsel lainnya.

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami