Rabu, 29 Maret 2023 | 15:29 WIB

Pakar Ungkap Virus HP Botnet Trojan, Mobile Banking Jadi Incaran

Cesar Uji Tawakal
Malware di HP Android. (Pixabay)
Malware di HP Android. (Pixabay)

Tech.hitekno.com - Tetap aman di tengah segala sesuatu yang serba online terasa lebih menantang dari hari ke hari. Pelaku kejahatan makin tidak dapat diganggu untuk mengembangkan program jahat, seperti MaaS (malware sebagai layanan) untuk menginfeksi perangkat dan mendistribusikan muatan khusus yang jahat.

Dilansir dari Android Police, peneliti keamanan telah menemukan kebangkitan salah satu MaaS yang disebut Nexus, yang dirancang untuk menangkap informasi perbankan dari perangkat Android Anda menggunakan trojan.

Perusahaan keamanan siber Cleafy menganalisis modus operandi Nexus menggunakan data sampel dari forum underground. Botnet ini pertama kali diidentifikasi pada Juni tahun lalu, dan memungkinkan kliennya melakukan serangan pengambilalihan akun (ATO) dengan biaya bulanan $3,000.

Baca Juga: 20 Link Video Bangunin Sahur, Ampuh Bikin Melek Bisa untuk Alarm

Nexus membuat terobosan ke perangkat Android Anda yang menyamar sebagai aplikasi sah yang mengemas trojan berbahaya di toko aplikasi Android pihak ketiga yang teduh. Setelah terinfeksi, perangkat korban menjadi bagian dari botnet yang dikendalikan oleh peretas.

Malware Di Android
Malware Di Android

Karena sifat malware yang seperti trojan, mendeteksinya di perangkat Android bisa jadi sulit. Kemungkinan tanda bahaya bisa terlihat antara lain lonjakan abnormal dalam data seluler dan penggunaan Wi-Fi, mengindikasikan malware yang berkomunikasi dengan perangkat peretas atau memperbarui di latar belakang.

Pengurasan baterai yang tidak normal saat perangkat tidak digunakan secara aktif juga bisa menjadi tanda aktivitas latar belakang yang berasal dari malware. Jika Anda menemukan salah satu dari masalah ini, kami sarankan untuk mengatur ulang perangkat Anda ke setelan pabrik setelah mencadangkan file penting, atau menghubungi pakar keamanan siber yang berkualifikasi.

Baca Juga: Julian Masih OP, Counter Pakai 4 Hero Mage Ini di Season 28 Mobile Legends

Untuk menjaga perangkat Android Anda tetap aman dari malware berbahaya seperti Nexus, selalu unduh aplikasi dari sumber terkemuka seperti Google Play Store. Pastikan juga Anda menjalankan patch keamanan terbaru yang tersedia dan hanya memberikan izin aplikasi yang penting untuk operasinya — aplikasi galeri gambar seharusnya tidak memerlukan akses ke log panggilan Anda.

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami