Selasa, 28 Februari 2023 | 14:24 WIB

Gara-Gara Fitur Autopilot, Tesla Digugat Pemegang Sahamnya

Cesar Uji Tawakal
Elon Musk memamerkan fitur baru pada mobil Tesla. (Twitter)
Elon Musk memamerkan fitur baru pada mobil Tesla. (Twitter)

Hitekno.com - Pemegang saham Tesla menggugat produsen mobil listrik itu atas tuduhan bahwa perusahaan menyesatkan publik tentang keamanan dan kemanjuran kendaraan autopilot mereka, menurut pengaduan class action yang diajukan di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Utara California.

Pada tahun 2014, Tesla mengumumkan fitur autopilot yang mencakup sejumlah sistem bantuan pengemudi canggih. Sejak itu, perusahaan telah mengumumkan penyempurnaan pada teknologi, termasuk apa yang disebut perangkat lunak full self driving (FSD), yang memungkinkan kendaraan untuk mengemudi secara mandiri ke suatu tujuan.

"Tesla membuat pernyataan yang salah dan menyesatkan secara material mengenai bisnis, operasi, dan prospek Perusahaan," kata pengajuan itu pada hari Senin (27/2/2023) seperti dilansir dari Sputnik News.

Baca Juga: Siap Masuk ke Indonesia, Ini Bocoran Spesifikasi Utama Realme C55

"Terdakwa telah secara signifikan melebih-lebihkan kemanjuran, kelayakan, dan keamanan teknologi Autopilot dan FSD Perusahaan."

CEO Tesla Elon Musk juga disebut sebagai tergugat dalam gugatan tersebut. Fitur Autopilot dan FSD Tesla menciptakan risiko kecelakaan dan cedera yang serius, peningkatan pengawasan peraturan dan Kerusakan reputasi, gugatan itu menuduh. Pengajuan tersebut mengutip contoh kecelakaan yang melibatkan Tesla dan penurunan harga saham berikutnya.

Tesla Model S. (Tesla)
Tesla Model S. (Tesla)

Awal bulan ini, Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS memerintahkan penarikan kembali hampir 363,000 Tesla atas kekhawatiran bahwa perangkat lunak FSD mereka dapat memungkinkan kendaraan untuk bertindak dengan cara yang "melanggar hukum atau tidak dapat diprediksi". Saham Tesla turun 5,69% sebagai tanggapan.

Baca Juga: 3 Hero Mobile Legends Sering Kalah di Rank Mythic, Mending Jangan Dipakai

Para Penggugat percaya bahwa ada ratusan atau ribuan anggota yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam gugatan class action, kata pengajuan itu.

Pengajuan meminta pengadilan mengharuskan para tergugat untuk membayar ganti rugi dan memberikan gugatan praperadilan dan bunga pasca-putusan, biaya pengacara dan biaya lainnya. Para Penggugat juga meminta persidangan oleh juri, kata pengajuan itu.

Baca Juga: Bocoran iPhone SE 4 Muncul, Mirip iPhone 14 tetapi Berponi?

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami