Kamis, 23 Februari 2023 | 21:04 WIB

Samsung Siapkan Modem Satelit di Chipset Exynos, Bisa Komunikasi Dua Arah

Cesar Uji Tawakal
Logo Samsung. (Samsung Newsroom)
Logo Samsung. (Samsung Newsroom)

Hitekno.com - Samsung telah bergabung dalam perlombaan untuk mengaktifkan komunikasi 2 arah melalui satelit di smartphone. Exynos Modem 5300 yang akan datang akan memungkinkan pengguna di daerah yang sangat terpencil (atau di daerah bencana di mana utilitas telah dinonaktifkan) untuk berkomunikasi dengan dunia menggunakan Jaringan Non-Terestrial (NTN) 5G.

Doilansir dari GSM Arena, modem baru ini mengimplementasikan 3GPP Release 17 standar untuk memastikan interoperabilitas dengan jaringan telekomunikasi yang muncul serta perangkat keras dan perangkat lunak yang dikembangkan oleh pembuat smartphone.

Ponsel cerdas Anda dapat mengirim pesan ke satelit (dan "kendaraan non-terestrial lainnya"), yang kemudian memantulkan pesan ke stasiun bumi, yang pada gilirannya menyampaikan pesan ke jaringan sel biasa untuk diterima pengguna lain.

Baca Juga: 5 HP Murah Xiaomi yang Lancar untuk Main Mobile Legends

Ini adalah komunikasi 2 arah, sehingga pesan dapat mengalir ke arah lain juga. Dan itu juga bukan hanya teks, di masa depan pengguna akan dapat mengirim foto dan video resolusi tinggi melalui satelit.

Samsung Exynos 2200. (Samsung)
Samsung Exynos 2200. (Samsung)

Ini akan diadopsi untuk smartphone, tentu saja, tetapi Samsung juga melihat penggunaan dalam kendaraan "mobilitas udara perkotaan" seperti mobil terbang dan pesawat tak berawak. Anda tidak ingin mereka kehilangan konektivitas di tengah penerbangan.

Bagaimanapun, Samsung juga mengatakan bahwa mereka sedang mengerjakan teknologi NarrowBand Internet of Things (NB-IoT), yang akan menghilangkan kebutuhan akan chip antena bertenaga tinggi yang terpisah di dalam ponsel.

Baca Juga: 5 Item Wajib untuk Build Hero Arlott di Mobile Legends, Damage Dijamin Kuat bin Pedih

"Samsung bertujuan untuk memimpin dalam memajukan ekosistem komunikasi terestrial-NTN hibrida di seluruh dunia dalam persiapan untuk kedatangan 6G," kata Min Goo Kim, Wakil Presiden Eksekutif Pengembangan Prosesor Komunikasi di Samsung Electronics. Samsung telah mengerjakan 6G selama bertahun-tahun sekarang dan pemerintah Korea Selatan ingin prototipe jaringan 6G siap pada tahun 2026.

Adapun di sini dan sekarang, Januari ini Qualcomm mengumumkan Snapdragon Satellite, yang juga bertujuan untuk mengaktifkan pesan 2 arah melalui satelit untuk smartphone. Kita harus mulai melihat perangkat semacam itu pertama di paruh kedua tahun ini. Qualcomm juga berada di belakang teknologi satelit Apple.

Baca Juga: 10 Istilah yang Sering Digunakan di Mobile Legends untuk Pemula

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami