Minggu, 12 Februari 2023 | 16:25 WIB

Nintendo Switch Sah Jadi Konsol Terlaris Ketiga Sepanjang Masa

Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi main game Nintendo Switch dengan pacar. (Nintendo)
Ilustrasi main game Nintendo Switch dengan pacar. (Nintendo)

Hitekno.com - Nintendo Switch baru saja mengalahkan Game Boy dan PlayStation 4 untuk menjadi konsol terlaris ketiga sepanjang masa, dengan penjualan unit sebanyak 122,55 juta pada akhir tahun 2022. Namun, masih perlu mengejar penjualan unit dari PlayStation 2 dan DS.

Meskipun menjadi konsol terlaris ketiga adalah prestasi besar, Nintendo masih mengalami masalah dalam hal penjualan unit dan game.

Dilansir dari Gizchina, penjualan unit Nintendo Switch turun sebanyak 14,91 juta dalam periode sembilan bulan dan pendapatan perusahaan juga turun sebesar 5,6 persen untuk tahun fiskal yang berakhir Maret.

Baca Juga: Akui Kecewa Usai Resmi Dilepas EVOS, Penggemar Minta Zeys Gabung RRQ

Penjualan game juga turun sebesar 4 persen dalam periode yang sama. Meskipun Pokemon Scarlet/Violet menjual 20,51 juta unit, Nintendo masih kesulitan mengatasi penurunan ini.

Nintendo Switch OLED. (Nintendo)
Nintendo Switch OLED. (Nintendo)

Nintendo sudah memperkirakan penjualan unit tahun fiskal sebesar 18 juta dari 19 juta dan penjualan game sebanyak 5 juta unit lebih sedikit. Penurunan tersebut diduga disebabkan oleh kekurangan semikonduktor dan kurangnya konsol di pasar. Sony, sebaliknya, berhasil menjual 7,1 juta unit PS5 di kuartal terakhir, dengan rekor penjualan yang meningkat sebesar 82 persen dari tahun ke tahun.

Masalah Nintendo Switch bisa jadi disebabkan oleh perangkat keras yang ketinggalan jaman, karena pembeli lebih memilih model OLED terbaru. Model Switch dan Switch Lite juga kurang bertenaga dibandingkan PS5 dan Xbox, yang mungkin mempengaruhi penjualan.

Baca Juga: Di Balik PHK Yahoo, Ini Fakta Penting yang Wajib Anda Tahu

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami