Jum'at, 03 Februari 2023 | 14:42 WIB

Waspada Social Spy WhatsApp, Aplikasi Penipuan yang Meresahkan

Agung Pratnyawan
Ilustrasi aplikasi HP Android. (pixabay)
Ilustrasi aplikasi HP Android. (pixabay)

Hitekno.com - Social Spy WhatsApp sedang jadi sorotan, namun apa sebenarnya aplikasi tersebut. Kenapa sampai disebut berbahaya hingga dianggap penipuan yang meresahkan?

Lalu apa itu Social Spy WhatsApp? Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) telah menyampaikan kalau Social Spy adalah penipuan atau scam yang berkedok sebagai aplikasi sadap WhatsApp.

BSSN menyebut kalau tingginya pengguna WhatsApp membuat berbagai pihat ingin 'menumpang' atau memanfaatkannya. Termasuk pihak tidak bertanggungjawab yang membuat platform turunan terkait dengan WhatsApp.

Baca Juga: Apa Itu Social Spy WhatsApp, Kenapa Disebut Penipuan oleh BSSN?

Salah satunya adalah Social Spy yang mengklaim sebagai aplikasi sadap WhatsApp namun ternyatan membahayakan pengguna.

 Apa itu Social Spy WhatsApp?

Social Spy WhatApp adalah platform yang dipercaya bisa menyadap akun WhatsApp milik orang lain dari jarak jaruh. Disebutkan bahwa data pesan termasuk riwayat panggilan bisa dilacak dengan Social Spy.

Baca Juga: 3 Cara Pakai 2 Akun WhatsApp pada 1 HP, Pasti Aman

Platform yang mendompleng nama besar WhatsApp ini juga disebut bisa diakses melalui situs website mereka tanpa harus melakukan proses download. Bahkan platform ini dikatakan bisa melihat history atau rekam chat milik target.

Kita juga disebut bisa menggunakan Social Spy WhatsApp untuk melihat riwayat chat, lengkap dengan nama lawan bicara, waktu berbincang, dan topik yang dibicarakan. 

Selain fitur itu, ada juga fitur detector lokasi target WA, rekam video call dan fitur-fitur mata-mata juga fitur penyadapan lain yang terhitung canggih. Benarkah?

Baca Juga: Cara Pakai 2 Akun WhatsApp Web di 1 Laptop Sekaligus, Aman dan Mudah

Penjelasan BSSN soal Social Spy WhatsApp

Jika dilihat dari cara kerjanya, BSSN menilai Social Spy WhatApp sebagai penipuan karena pola verifikasi yang ingin membuktikan diri bukan robot. 

BSSN menegaskan, aplikasi ini sebenarnya hanya penipuan yang menjebak pengguna dengan aspek emosional. Mereka menggunakan rasa penasaran calon pengguna agar tertarik mencoba menggunakannya.

Baca Juga: Cara Backup Chat WhatsApp ke Google Drive, Berguna saat Ganti HP Baru

Banyak informasi yang menjebak terkait platform ini, di antaranya disebut sebagai platform gratis dan mudah dilakukan tanpa repot melakukan download dan register.

SocialSpy WhatsApp disebut memiliki tiga langkah mudah untuk memata-matai pengguna WhatsApp lain. Pertama, memasukkan nomor WhatsApp target. Kedua, mengisi verifikasi bahwa anda bukan Robot; ketiga, melihat riwayat chat target.

Informasi keliru lainnya menyebut SocialSpy bisa mengirim hasil penyadapan ke email pengguna tanpa menunggu waktu lama. Faktanya tidak sama sekali.

Pada akhirnya, BSSN menarik kesimpulan bahwa SocialSpy tak lebih dari aplikasi iklan yang mencari uang dengan klik atau pemasangan aplikasi yang mereka pasarkan

Demikian penjelasan tentang apa itu Social Spy WhatsApp. Semoga informasi ini bermanfaat dan membuat kalian lebih berhati-hati dalam mengikuti informasi yang ramai di media sosial.

Itulah penjelasan apa itu Social Spy WhatsApp dan peringatan dari BSSN. Karena itu berhati-hati dengan aplikasi sadap WhatsApp, padahal aslinya cuma penipuan. (Suara.com/ Rima Suliastini)

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami