Rabu, 01 Februari 2023 | 19:29 WIB

5 Kelebihan Layar AMOLED untuk HP Gaming

Agung Pratnyawan
Ilustrasi Main Mobile Legends. (POCO Indonesia)
Ilustrasi Main Mobile Legends. (POCO Indonesia)

Hitekno.com - POCO Indonesia membagikan apa kelebihan layar AMOLED untuk HP gaming, seperti pada beberapa produk mereka. Terutama membuat main game bisa jadi makin lama.

Melalui rilis resminya, POCO Indonesia membagikan beberapa alasan dan kelebihan layar AMOLED yang disematkan pada HP gaming.

Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia menyatakan, "POCO yang jadi lifestyle trendsetter technology brand bagi anak muda Indonesia pastinya harus paham mereka, termasuk kebutuhan layar ponsel yang berkualitas dalam menampilkan gambar dan lebih nyaman bagi mata, dengan memanfaatkan panel AMOLED."

Baca Juga: Aneka Macam Kerusakan Layar AMOLED pada Ponsel, Ini Penjelasannya

Ia menambahkan, "Para POCO Fans aktif banget memberikan masukan kepada kami, kalau mereka maunya layar AMOLED yang jadi ‘teman’ sehari-harinya. Apalagi kalau lagi nge-game, kan, bisa sampai berjam-jam. Apalagi mereka bisa melakukannya di mana saja, termasuk di outdoor yang terang banget. Jadi, layar AMOLED jadi pertimbangan mereka dalam memilih sebuah smartphone." 

Seperti diterangkan lebih lanjut oleh pria yang kerap disapa Bung Andi, ini dia berbagai keunggulan lain AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) dibanding teknologi layar pendahulunya.

Berikut ini lima kelebihan layar AMOLED berdasarkan keterangan POCO Indonesia:

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Realme 10 4G, Bawa Memori hingga 256 GB dengan Layar AMOLED 90 Hz

Lebih irit energi

Setiap dioda di balik piksel layar AMOLED memendarkan cahaya, sehingga nggak membutuhkan lampu latar warna yang perlu daya tambahan dari sumber energinya. Ditambah, warna hitam nggak mengonsumsi daya karena sebenarnya itu adalah piksel yang sedang nggak aktif.

Begitu pula prinsipnya untuk warna yang makin gelap, berarti semakin sedikit konsumsi dayanya. Penghematannya bisa 30 sampai 40 persen, lho. Berkat efisiensi energi ini, AMOLED lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: Spesifikasi Samsung Galaxy A34 5G Bocor, Usung AMOLED 120 Hz

Kualitas tampilannya lebih kece

Layar AMOLED punya warna yang lebih pekat, nih, dipadu dengan contrast ratio yang tinggi. FYI, contrast ratio merupakan perbandingan antara putih yang paling terang dengan hitam yang paling gelap). Hasilnya, gambar lebih cerah serta lebih hidup.

Sudut pandangnya juga lebih baik. Artinya, nggak ada perubahan warna yang mencolok dan kecerahannya tetap pas walau dilihat dari sudut yang ekstrem.

Baca Juga: Dibekali Layar AMOLED Curved, Harga Realme 10 Pro Plus 5G Mulai Rp 5,9 Juta

Ramping banget

Panel AMOLED pada umumnya punya lapisan plastik organik dengan ketipisan 100 sampai 500 nanometer, kira-kira 200 kali lebih tipis dari sehelai rambut manusia. Wuih! Jadinya memungkinkan lebih banyak cahaya yang menembusnya untuk menghasilkan pendaran yang lebih terang.

Segitu tipisnya juga berarti lebih ringan dan fleksibel. Makanya, selain memungkinkan produsen menciptakan ponsel yang lebih tipis serta ringan, AMOLED juga membuka jalan inovasi bagi lahirnya layar melengkung, bahkan layar lipat.

Nggak gampang tergores

Soalnya, ada lapisan pelindung di bagian luar layar. Tapi ketahanan layar AMOLED dari goresan belum selevel Gorilla Glass pastinya. Jadi, nggak ada salahnya, sih, tetap menggunakan screen protector tambahan. Lebih aman!

Nah, sudah nggak sabar mau nge-game dengan tampilan keren di layar dan terasa lebih nyaman di mata?

POCO Indonesia sudah menghadirkan sejumlah produk dengan layar AMOLED yang cocok sebagai HP gaming. Seperti POCO M4 Pro, POCO F4 GT, POCO F4, dan POCO M5s.

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami