Senin, 30 Januari 2023 | 18:20 WIB

Aneka Macam Kerusakan Layar AMOLED pada Ponsel, Ini Penjelasannya

Cesar Uji Tawakal
Samsung Galaxy Z Fold4 saat digunakan untuk bermain game. (Samsung)
Samsung Galaxy Z Fold4 saat digunakan untuk bermain game. (Samsung)

Tech.hitekno.com - Layar AMOLED merupakan teknologi layar yang banyak dipakai pada ponsel pintar saat ini. Layar AMOLED memiliki keunggulan seperti warna yang lebih tajam dan kontras yang lebih tinggi dibandingkan layar LCD.

Sayangnya, layar AMOLED juga lebih rentan terhadap kerusakan dibandingkan layar LCD. Berikut adalah aneka macam kerusakan layar AMOLED pada ponsel, beserta penjelasan tiap jenis kerusakan.

1. Burn-in

Baca Juga: Rumor: Bukan iPhone, Gadget Lipat Apple Bakal Masuk iPad Series

Burn-in adalah kerusakan pada layar AMOLED yang ditandai dengan adanya garis-garis atau tanda-tanda permanen pada layar. Burn-in terjadi karena pada suatu area layar digunakan terus menerus dan mengakibatkan piksel pada area tersebut mati atau tidak berfungsi.

2. Dead Pixel

Dead pixel adalah kerusakan pada layar AMOLED yang ditandai dengan adanya piksel yang mati atau tidak berfungsi pada layar. Dead pixel biasanya disebabkan oleh masalah pada proses produksi layar, dan jarang terjadi setelah ponsel sudah dipakai.

Baca Juga: Cara Membuat Link Zoom Meeting, Mudah dari HP maupun Laptop

Smartphone baru dengan layar AMOLED. (HiTekno.com)
Smartphone baru dengan layar AMOLED. (HiTekno.com)

3. Ghost Touch

Ghost touch adalah kerusakan pada layar AMOLED yang ditandai dengan adanya respon pada layar meskipun tidak ada sentuhan fisik. Ghost touch biasanya disebabkan oleh masalah pada komponen ponsel seperti sensir sentuh atau controller.

4. Discoloration

Baca Juga: Battle Oppo A16 vs Vivo Y16, Duel HP Murah Rp 1 Jutaan

Discoloration adalah kerusakan pada layar AMOLED yang ditandai dengan adanya perubahan warna pada layar. Discoloration biasanya disebabkan oleh masalah pada komponen ponsel seperti driver IC atau prosesor grafis.

Untuk mengatasi kerusakan layar AMOLED, penting untuk mengetahui jenis kerusakan yang terjadi. Burn-in dan dead pixel biasanya sulit untuk diperbaiki, sehingga solusi terbaik adalah mengganti layar baru.

Sementara itu, ghost touch dan discoloration bisa diperbaiki dengan melakukan perbaikan pada komponen ponsel yang menyebabkan masalah tersebut dan tak selalu harus ganti layar.

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami