Jum'at, 27 Januari 2023 | 20:47 WIB

Pengiriman HP di India Turun pada 2022, Tapi Segmen Premium Berkembang Pesat

Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi smartphone Apple dan Samsung. (Apple, Samsung)
Ilustrasi smartphone Apple dan Samsung. (Apple, Samsung)

Tech.hitekno.com - Sesuai studi penelitian terbaru dari layanan Market Monitor Counterpoint, pengiriman smartphone India terpukul pada tahun 2022, turun 9% YoY untuk mencapai lebih dari 152 juta unit.

Dilansir dari Gizmochina, penurunan, yang hanya yang kedua dari jenisnya di pasar smartphone India, disebabkan oleh kendala pasokan dan penurunan permintaan di segmen entry-level dan anggaran.

Namun, segmen premium mengalami kenaikan, menangkap pangsa dua digit untuk pertama kalinya dan mengarah pada pertumbuhan ASP ritel (Harga Jual Rata-Rata).

Baca Juga: Laba Nokia Meroket, Penghasil Cuan Terbanyak Bukanlah HP

Analis Riset Senior Prachir Singh mengatakan bahwa permintaan konsumen mulai menurun pada kuartal kedua, ketika ekonomi global dipengaruhi oleh inflasi yang tinggi, meningkatnya pengangguran, dan konflik geopolitik – masalah yang juga mempengaruhi ekonomi India.

Ilustrasi smartphone RAM 6 GB. (Hitekno.com)
Ilustrasi smartphone RAM 6 GB. (Hitekno.com)

Hal ini menyebabkan penumpukan inventaris di seluruh saluran dan pengiriman yang lebih rendah dari perkiraan pada paruh kedua tahun ini.

Singh percaya bahwa situasi inventaris dan permintaan akan terus mempengaruhi pasar pada paruh pertama tahun 2023, tetapi memperkirakan peningkatan pada paruh kedua karena dimulainya musim perayaan dan peningkatan ke perangkat 5G.

Baca Juga: Servisnya Mahal, Ini 6 Tips agar HP dengan Layar OLED Bisa Awet

Analis Riset Shilpi Jain mengomentari lanskap kompetitif, menyatakan bahwa pangsa pasar smartphone premium terus meningkat pada tahun 2022, mencapai 11%, tertinggi yang pernah ada.

Jain percaya tren ini menunjukkan bahwa pasar smartphone India bergeser dari didorong oleh volume menjadi didorong oleh nilai.

Ilustrasi smartphone Oppo. (Oppo)
Ilustrasi smartphone Oppo. (Oppo)

Ada alasan mengapa segmen premium tetap kuat dan menunjukkan pertumbuhan dua digit.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu VPN, Cara Kerja dan Tips Memilihnya, Simak di Sini!

Jain mengaitkan ini dengan peningkatan fokus dari OEM, konsumen mengalihkan fokus mereka ke fitur premium, dan ketersediaan berbagai skema pembiayaan seperti 'EMI Tanpa biaya,' 'Beli Sekarang, Bayar Nanti,' dan 'Samsung finance+.'

Lebih lanjut ia memprediksi momentum segmen premium akan tetap kuat di tahun 2023.

Meskipun ada penurunan pengiriman, pendapatan pasar smartphone India tetap cukup datar.

Samsung Galaxy S22 Plus 5G. (Samsung)
Samsung Galaxy S22 Plus 5G. (Samsung)

Samsung mendominasi pasar dengan pangsa 20%, didorong oleh model smartphone premiumnya, khususnya seri Galaxy S22.

Apple naik dari posisi keempat dalam bagi hasil pada tahun 2021 untuk mencapai posisi kedua pada tahun 2022. IPhone 13 adalah model smartphone teratas pada tahun 2022.

Pergeseran ke arah smartphone segmen premium ini dapat menyebabkan perubahan drastis dalam tren pasar untuk pasar smartphone India di tahun-tahun mendatang.

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami