Selasa, 24 Januari 2023 | 16:26 WIB

Susul Nusantara OS, India Luncurkan BharOS

Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi Android. (Android)
Ilustrasi Android. (Android)

Hitekno.com - Jika Indonesia punya sistem operasi Nusantara Project, maka India punya custom ROM yang nggak kalah gokil.

Madras Institut Teknologi India (IIT) baru-baru ini mengadakan konferensi dan mengumumkan BharOS – sistem operasi seluler baru yang berfokus pada privasi dan keamanan.

OS ini dikembangkan oleh JandK Operations Private Limited (JandKops), yang merupakan Bagian 8 (nirlaba) Perusahaan yang didirikan oleh IIT Madras.

Baca Juga: Cara Setting DNS 1.1.1.1 di Android, Akses Internet Bebas tanpa VPN

Dilansir dari GSM Arena, BharOS pada dasarnya merupakan hasil pengembangan dari  AOSP yang sangat bersih yang menawarkan berbagai fitur keamanan dan privasi.

Misalnya, tidak ada aplikasi default yang dimuat sebelumnya di OS. Ini memungkinkan pengguna untuk dengan hati-hati memilih hanya aplikasi yang mereka butuhkan dan percayai.

BharOS juga menyediakan akses ke layanan toko aplikasi pribadi yang disebut PASS. Rupanya, itu diisi dengan aplikasi pilihan yang telah diverifikasi untuk memenuhi kebutuhan privasi dan keamanan bisnis.

Baca Juga: 5 Aplikasi Alternatif Microsoft Office di HP Android Selain Google Docs

Itulah tepatnya target audiens untuk OS. Ini akan diberikan kepada bisnis dan organisasi dengan persyaratan keamanan khusus dan informasi sensitif.

Rupanya, BharOS akan mendapatkan pembaruan over-the-air aslinya sendiri juga. Meskipun, tidak jelas versi inti Android mana yang saat ini menjadi dasarnya.

"Layanan BharOS adalah Sistem Operasi Seluler yang dibangun di atas dasar kepercayaan, dengan fokus untuk memberikan lebih banyak kebebasan, kontrol, dan fleksibilitas kepada pengguna untuk memilih dan hanya menggunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka," kata Prof. V. Kamakoti, Direktur IIT Madras.

Baca Juga: 6 Fakta Nusantara Project OS Android Racikan Tanah Air Bikin HP Enteng

"Sistem inovatif ini menjanjikan untuk merevolusi cara pengguna berpikir tentang keamanan dan privasi di perangkat seluler mereka."

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami