Sabtu, 14 Januari 2023 | 14:44 WIB

Cara Masuk Recovery Mode HP Android Segala Tipe

Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi Android. (pixabay/knd61)
Ilustrasi Android. (pixabay/knd61)

Hitekno.com - Cara masuk Recovery mode HP Android dapat membantu kamu memperbaiki masalah pada smartphone kamu. Jika perangkat Android kamu mengalami gangguan, lemot, atau masalah lain, kamu bisa mencoba cara ini.

Saat kamu mencoba pemindaian dan perbaikan virus dan tidak berhasil, opsi berikutnya adalah menggunakan recovery mode. Cara masuk recovery mode HP Android akan memungkinkan kamu untuk mem-boot ulang sistem dan mendapatkan mode baru tanpa virus atau masalah lain yang berpotensi menyebabkan masalah.

Hampir semua HP Android memiliki cara masuk recovery yang hampir sama. Berikut cara masuk recovery mode HP Android yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Baca Juga: Cara Menggunakan Headset Bluetooth di Laptop Windows dan Mac

Cara Masuk Recovery Mode HP Android Berbagai Tipe

1. ASUS: Power + Volume Up
2. Samsung: Power + Home + Volume Up
3. OPPO: Power + Volume Down
4. VIVO: Power + Volume Down
5. SONY: Power + Volume Up
6. Huawei: Power + Volume Up
7. Xiaomi: Power + Volume Down
8. Realme: Power + Volume Down
9. Nokia: Power + Volume Up
10. Lenovo: Power + Volume Up
11. Smartfren: Power + Volume Up
12. LG: Power + Home + Volume Up
13. HTC: Power + Volume Down
14. OnePlus: Power + Volume Down
15. ADVAN: Power + Volume Down

Opsi Recovery Mode

Baca Juga: 3 Cara Menggunakan 2 Akun WhatsApp pada 1 Ponsel

Bergantung pada jenis atau model perangkat yang kamu miliki, kamu akan melihat berbagai opsi untuk recovery mode. Namun, semua perangkat akan memiliki opsi standar berikut:

• Reboot the system now: Ini akan memulai ulang perangkat secara normal.
• Apply update from ADB: Android Debug Bridge memungkinkan kamu menyambungkan perangkat ke PC dan mengeluarkan perintah dari sana. Ini dirancang untuk pengembang dan mengharuskan kamu memasang Android SDK (perangkat pengembangan perangkat lunak). Jika kamu tertarik, kamu dapat mengetahui lebih lanjut di situs web developer Android.
• Wipe data/factory reset: Ini akan menghapus semua data foto, video, musik, aplikasi, semuanya dan mengembalikan ke kondisi pabrik aslinya. Ini juga akan menghapus partisi cache.
• Wipe cache partition: Data yang terkait dengan penginstalan aplikasi disimpan di partisi cache, sehingga kamu dapat menghapus file-file ini tanpa mengubah pengaturan keseluruhan atau penyesuaian pribadi.

Menghapus partisi cache dapat menyelesaikan banyak masalah, dan kamu tidak akan kehilangan data atau pengaturan apa pun, jadi tidak ada risiko nyata yang terlibat. Ini direkomendasikan sebagai perbaikan untuk banyak masalah umum Android.

Baca Juga: 7 Alasan Penting Kenapa Mending Beli Tablet daripada Laptop

CATATAN: Sejak merilis Android 7.1, Google telah menghapus opsi partisi cache penghapusan untuk perangkat yang mendapatkan pembaruan mulus. Kamu dapat melakukan hal yang sama dengan membuka Pengaturan > Penyimpanan dan mengetuk Data dalam cache.

Itulah cara masuk recovery mode HP Android yang bisa kamu coba untuk menyelesaikan masalah di smartphone kamu. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami