Menari Sambil Menangis di Pemakaman Temannya, Aksi Orang Ini Bikin Sedih

Banyak netizen yang merasa salut dan sedih setelah melihat tarian penghormatan yang dilakukan orang ini.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
Senin, 27 Januari 2020 | 17:00 WIB
Tarian Haka khas suku Maori ini dilakukan sebagai tanda perpisahan pada temannya yang sudah meninggal. (YouTube/ Anthony Hall)

Tarian Haka khas suku Maori ini dilakukan sebagai tanda perpisahan pada temannya yang sudah meninggal. (YouTube/ Anthony Hall)

Hitekno.com - Meski kita sudah berada pada abad modern, sebagian kecil dari kelompok masyarakat tertentu masih ada yang mengabadikan kebudayaan suku kuno. Sebuah pemakaman seorang remaja yang diduga meninggal karena bunuh diri ini diiringi oleh sekelompok pemuda yang sangat emosional dalam menari sehingga membuat netizen salut sekaligus sedih.

Tak hanya salut, mereka bahkan bisa melihat emosi yang sangat dalam pada orang-orang yang menari untuk memberikan penghormatan terakhir pada temannya ini.

Sebuah akun fanspage Facebook bernama UNILAD membagikan unggahan video pada hari Sabtu (25/01/2020) ketika sekelompok teman dan saudara dari seorang remaja melakukan gerakan tarian yang tidak biasa.

Baca Juga: Lihat Nenek Mengais Sisa Beras di Belakang Truk, Netizen Merasa Sedih

Video yang dibagikan berhasil viral di Facebook setelah mendapatkan lebih dari 79 ribu Like dan ribuan komentar dari netizen.

Sangat menyentuh hati, video tersebut bahkan telah dibagikan lebih dari 17 ribu kali hanya dalam waktu dua hari saja.

Tarian Haka khas suku Maori ini dilakukan sebagai tanda perpisahan pada temannya yang sudah meninggal. (YouTube/ Anthony Hall)
Tarian Haka khas suku Maori ini dilakukan sebagai tanda perpisahan pada temannya yang sudah meninggal. (YouTube/ Anthony Hall)

Dikutip dari Daily Mail, video itu sebenarnya terekam pertama kali sejak tahun 2017 lalu.

Baca Juga: Wanita Ini Tidak Potong Rambut Selama 27 Tahun, Faktanya Bikin Sedih

Namun hingga kini video tersebut masih viral di Facebook karena menampakkan sisi emosional yang luar biasa pada sebuah gerakan.

Tak menampakkan kebahagiaan, orang-orang yang menari Haka khas suku Maori justru terlihat menahan kesedihan mendalam sembari tetap memaksakan gerakan penghormatan.

Aksi sekumpulan teman dan saudara ini dilakukan pada pemakaman seorang remaja asal Selandia Baru bernama Jarom Hadley Nathaniel Rihari.

Baca Juga: Usai Tulis Pesan Menyedihkan di Facebook, Wanita Ini Langsung Bunuh Diri

Hadley diduga meninggal karena bunuh diri sehingga beberapa teman dan saudara dekatnya terlihat sangat terpukul saat melakukan tarian Haka 'Tau Ka Tau' dari suku Maori.

Tarian tersebut termasuk sebuah tarian yang cukup kuno karena diprediksi sudah ada sejak tahun 1300-an di Selandia Baru.

Baca Juga: Pedangdut Lakukan Percobaan Bunuh Diri Saat Live IG, Ini Fakta Sebenarnya

Haka bukan hanya tarian dalam menyambut perang, namun bisa juga sebagai tarian selamat datang bagi tamu-tamu penting, acara besar hingga pemakaman.

Dalam video, terlihat seorang pemimpin tarian Haka yang menahan tangis sambil tetap berteriak dan melakukan gerakan penghormatan.

Aksi sekelompok orang yang melakukan tarian suku kuno pada pemakaman temannya ini mendapatkan beragam komentar dari netizen.

"Pemimpin yang mengomando gerakan tarian benar-benar membuatku terkejut. Turut berduka cita atas sakit yang tak terlihat pada remaja itu sehingga menyebabkan di melakukan ini," kata Kathyreina Boadicea.

"Aku menangis sedih menyaksikan pemuda yang berada di depan. Jika memiliki kepekaan, kamu bisa merasakan kehancuran dan kesedihan pada dirinya. Rasa hormat yang setinggi-tingginya pada orang ini," komentar Belinda Moore.

"Tidak ada yang lain selain apresiasi tinggi pada anak-anak muda ini yang menghormati teman mereka dengan segenap kemampuan. Aku menangis saat menyaksikannya," balas Kathyreina Boadicea.

Catatan Redaksi: Hidup sering kali sangat sulit dan membuat stres, tetapi kematian tidak pernah menjadi jawabannya. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit dan berkecenderungan bunuh diri, sila hubungi dokter kesehatan jiwa di Puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Bisa juga Anda menghubungi LSM Jangan Bunuh Diri melalui email [email protected] dan telepon di 021 9696 9293. Ada pula nomor hotline Halo Kemenkes di 1500-567 yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi di bidang kesehatan, 24 jam.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak